Persepsi profesionalitas mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan teknik Elektro dan Teknik Informatika di Kota Malang / M. Heri Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi profesionalitas mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan teknik Elektro dan Teknik Informatika di Kota Malang / M. Heri Wijaya

Wijaya, M. Heri (2014) Persepsi profesionalitas mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan teknik Elektro dan Teknik Informatika di Kota Malang / M. Heri Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wijaya M. Heri. 2012. Persepsi Guru Pamong terhadap Profesionalitas Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Teknik Elektro dan Pendidikan Teknik Informatika di SMK Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) Drs. H. Tri Atmadji S. M.Pd. Kata Kunci persepsi guru pamong profesionalitas mahasiswa PPL 12288 12288 12288 12288 Seorang guru dikatakan profesional jika memenuhi empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan untuk mendukung kompetensi calon guru yang profesional dan memiliki kompetensi. Setiap mahasiswa PPL akan dibimbing dan dinilai oleh guru pamong masing-masing program studi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi guru pamong terhadap kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial serta kompetensi profesional mahasiswa PPL prodi Pendidikan Teknik Elektro di SMK Malang. Tempat sampel pengambilan data di SMK Muhammadyah 1 kepanjen malang. Hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut 1) Persepsi guru pamong terhadap kompetensi pedagogik dari sebelas responden menyatakan 50% guru pamong berpersepsi baik terhadap kompetensi pedagogik yang dimiliki mahasiswa PPL. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa PPL memiliki kompetensi pedagogik yang baik. 2) Persepsi guru pamong terhadap kompetensi kepribadian mahasiswa PPL di empat SMK kota Malang yang berjumlah empat indikator dengan sebelas orang responden yaitu guru pamong menunjukkan sejumlah 51% responden menyatakan sesuai terhadap kompetensi kepribadian mahasiswa PPL. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa PPL memiliki kompetensi kepribadian yang baik. 3) Persepsi guru pamong terhadap kompetensi sosial mahasiswa PPL di empat SMK kota Malang yang berjumlah tiga indikator dengan sebelas orang responden yaitu guru pamong menunjukkan bahwa sebanyak 47% guru pamong mempunyai persepsi sesuai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa PPL memiliki kompetensi sosial yang baik. 4) Persepsi guru pamong terhadap kompetensi profesional mahasiswa PPL di empat SMK kota Malang yang berjumlah lima indikator dengan sebelas orang responden yaitu guru pamong menunjukkan bahwa sebanyak 54 5% guru pamong mempunyai persepi kurang setuju terhadap kurangnya kompetensi sosial mahasiswa PPL di SMK Kota Malang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa PPL memiliki kompetensi professional yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47643

Actions (login required)

View Item View Item