Penerapan metode dialogis versi Paulo Freire dalam pembelajaran (Studi kasus pada SLTP alternatif Qaryah Thayyibah Desa Kalibening Kotamadya Salatiga Jawa Tengah) / Arif Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode dialogis versi Paulo Freire dalam pembelajaran (Studi kasus pada SLTP alternatif Qaryah Thayyibah Desa Kalibening Kotamadya Salatiga Jawa Tengah) / Arif Susanto

Susanto, Arif (2010) Penerapan metode dialogis versi Paulo Freire dalam pembelajaran (Studi kasus pada SLTP alternatif Qaryah Thayyibah Desa Kalibening Kotamadya Salatiga Jawa Tengah) / Arif Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurang unggulnya mutu lulusan lembaga pendidikan di Indonesia selama ini dipicu oleh paradigma pendidikan yang masih tradisional dalam hal ini masih menggunakan sistem ceramah hafalan serta dikte yang cenderung bersifat teoritik dan tidak terkait dengan lingkungan peserta didik itu berada. Proses pendidikan tidak lagi mencerminkan upaya membebaskan anak didik dari ketidakberdayaan melainkan menjadi alat yang membelenggu kreativitas dan kebebasan. SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah desa Kalibening kotamadya Salatiga Jawa Tengah mencoba menyelesaikan permasalahan diatas dengan menerapkan metode pendidikan Paulo Freire dalam pembelajarannya. Menurut Freire pendidikan bukanlah wujud dari penindasan dan tujuan pendidikan yang benar adalah membebaskan anak didik dari ketidakberdayaan. Untuk itu dibutuhkan suatu lingkungan yang kondusif dalam mendukung pendidik dan anak didik bersama-sama menghadapi realitas dunia sebagai sebuah persoalan yang tidak bisa dilakukan secara terpisah. Freire mengintrodusir metode pendidikannya dengan metode dialogis dimana dibangun dinamika dialektik antara pendidik dan anak didik dalam menghadapi realitas dunia. Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran dialogis versi Paulo Freire di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan metode dialogis versi Paulo Freire dalam pembelajaran SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah desa Kalibening kotamadya Salatiga Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 05 September sampai 05 Oktober 2006 dan dilanjutkan kembali pada tanggal 28 Desember sampai 31 Desember 2007. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif dirancang dalam bentuk Studi kasus. Teknik penggalian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dengan cara perpanjangan keikutsertaan melakukan ketekunan pengamanan dan melakukan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode dialogis versi Paulo Freire dalam pembelajaran SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah terbagi menjadi 6 bagian antara lain (1) Perencanaan pembelajaran atau kurikulum yang digunakan SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah tidak berbeda dengan SLTP lain karena sama-sama menggunakan kurikulum nasional (paket B). Kurikulum Paket B di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah hanya dijadikan referensi dengan menekankannya pada model pendidikan alternatif yaitu penekanan pemilihan persoalan yang bebas penentuan kegiatan pembelajaran bersama pemberian ijin kepada setiap individu menentukan pusat perhatian sendiri dalam belajar dan setiap siswa memiliki kebebasan dalam menentukan sifat maupun isi apa yang dipelajarinya sendiri. Disini siswa mencari arti pengetahuan lewat dialog dengan fasilitator maupun dengan kawan-kawannya. (2) Penentuan materi pembelajaran SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah dilakukan bersama-sama antara guru dan siswa diawal semester melalui dialog yang menjadi salah satu unsur yang sangat fundamental dalam pendidikan sedangkan pokok bahasannya ditentukan sendiri oleh setiap siswa. (3) Metode pembelajaran SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah menerapkan metode pendidikan hadap masalah kegiatan pembelajaran selalu dimulai dengan dialog mengemukakan persoalan kepada siswa. Siswa dihadapkan langsung oleh guru pada masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekitar sehingga siswa harus memberikan solusi dari masalah tersebut. (4) Kegiatan evaluasi pembelajaran di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah bersumber pada diri siswa sendiri. Evaluasi murni dilihat dari hasil karya siswa sedangkan sistem raportnya dibuat sendiri oleh siswa yang berisi pernyataan siswa tentang apa yang sudah dipelajari selama satu semester dan hasil karya yang dihasilkan selama satu semester. Hasil karya dan pernyataan siswa tersebut kemudian didiskusikan didepan guru dan teman-teman sekelasnya. (5) Interaksi antara guru dengan siswa di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah berjalan dengan sangat harmonis. Semua guru di sekolah ini menempatkan dirinya sebagai sahabat teman diskusi sekaligus fasilitator bagi siswa sedangkan siswa menempatkan diri sebagai subyek yang harus aktif dalam proses pembelajarannya. (6) Interaksi antara SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah dengan orang tua siswa dan masyarakat sekitar terjalin dalam suasana persahabatan. SLTP ini menggunakan kaidah lokalitas dimana guru siswa dan pengelola sekolah paham mengetahui serta menyatu dengan persoalan sosial dimana pendidikan ini berada. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Bagi SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah agar lebih membuka diri terhadap kritik dan saran yang diberikan dari berbagai pihak khususnya yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. (2) Bagi jurusan Pendidikan Luar Sekolah agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan informasi untuk pengembangan bidang garapan Pendidikan Luar Sekolah. (3) Bagi Dinas Pendidikan Kotamadya Salatiga Jawa Tengah agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam menentukan kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan. (4) Bagi peneliti lain diharapkan agar hasil penelitian ini dikembangkan dengan penelitian tindak lanjut terutama tentang keberhasilan dan keefektifan SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah yang telah menerapkan metode pendidikan Paulo Freire dalam pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4764

Actions (login required)

View Item View Item