Pengembangan modul berbasis E-learning pada mata kuliah keselamatan dan kesehatan kerja Prodi Pendidikan Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Iyan Hadinata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis E-learning pada mata kuliah keselamatan dan kesehatan kerja Prodi Pendidikan Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Iyan Hadinata

Hadinata, Iyan (2014) Pengembangan modul berbasis E-learning pada mata kuliah keselamatan dan kesehatan kerja Prodi Pendidikan Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Iyan Hadinata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hadinata Iyan. 2014. Pengembangan Modul Berbasis E-learning pada Mata Kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci Pengembangan Modul E-learning Keselamatan dan Kesehatan Kerja ADDIE Pengembangan merupakan proses spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik yang digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut mencakup berbagai variasi teknologi yang digunakan dalam pembelajaran dan tidak hanya terdiri dari perangkat keras melainkan juga perangkat lunak. Modul pembelajaran merupakan satuan program pembelajaran yang terkecil yang dipelajari oleh siswa sendiri secara perseorangan atau diajarkan oleh siswa kepada dirinya sendiri. Modul mampu mengatasi keterbatasan waktu ruang dan daya indra baik peserta didik maupun bagi pendidik. Modul Keselamatan dan Kesehatan kerja ini dikembangkan untuk memfasilitasi dosen dan mahasiswa supaya memanfaatkan komputer/notebook/tablet dan layanan internet selama pembelajaran di kelas atau di luar kelas sehingga interaksi antara dosen dan mahasiswa bisa terjadi setiap waktu dan di mana saja. E-learning merupakan konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi internet. E-learning dapat membantu terjadi pembelajaran di mana dan kapan saja selama terhubung dengan internet. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) tahap pokok yaitu Analisys Design Development Implementation dan Evaluation. Proses validasi dilaksanakan oleh validator ahli media ahli materi uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Validasi ahli ditujukan untuk mengukur kelayakan media yang dikembangkan serta kelayakan materi yang terdapat dalam media tersebut. Validasi menggunakan metode angket dengan skala Likert. Hasil analisa digunakan untuk menentukan kelayakan media sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan didapat persentase hasil uji coba ahli media sebesar 86% ahli materi 90% kelompok kecil 84% kelompok besar 94% dapat disimpulkan rata-rata persentase hasil uji coba sebesar 89% yang berarti sudah memenuhi kriteria layak dan secara keseluruhan dinyatakan baik serta dapat diuji coba lebih luas agar nantinya bisa diimplementasikan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47629

Actions (login required)

View Item View Item