Permadi, Setiyo Joko (2014) Pengaruh gaya pembelajaran guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran mikroprosesor (studi kasus siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen tahun ajaran 2012/2013) / Setiyo Joko Permadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Joko Permadi Setiyo. 2013.Pengaruh Gaya Pembelajaran Guru dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar (Studi kasus siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen).Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Suyono M.T. (II) Mohamad Rodi Fais S.T. M.T Kata Kunci Gaya Pembelajaran Minat Belajar Hasil Belajar Gaya pembelajaran guru sangat berperan penting dalam menentukan pemahaman konsep siswa. Apabila gaya pembelajaran guru sudah sesuai dengan yang diinginkan siswa maka siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan guru dan pemahaman konsep siswa tentang materi yang diajarkan sudah cukup kuat sehingga Kompetensi dasar Mikroprosesor dapat dicapai dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya signifikasi pengaruh antara gaya pembelajaran guru (X1) dengan hasil belajar siswa (Y) (2) mengetahui adanya signifikasi pengaruh antara minat belajar siswa (X2) dengan hasil belajar siswa (Y) dan (3) mengetahui adanya signifikasi pengaruh antara gaya pembelajaran guru (X1) dan minat belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y). penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI teknik otomasi industri SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen tahun ajaran 2012/2013. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan teknik otomasi industri SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen yang berjumlah 70 orang siswa dan keseluruhan dari populasi ini selanjutnya akan dijadikan sampel sehingga penelitian yang dilakukan adalah penelitian populasi. Dari hasil penelitian diketahui 1) persepsi siswa kelas XI jurusan Teknik Otomasi Industri SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen tentang gaya pembelajaran guru secara personalisasi dalam kategori sangat tinggi yaitu sebanyak 26 responden (74 3%) memiliki perbedaan 11 45% dari gaya pembelajaran guru secara interaksional dengan kategori sangat tinggi sebanyak 22 responden (62 85%). 2) Minat belajar siswa kelas XI jurusan Teknik Otomasi Industri SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen berada dalam kategori sangat tinggi yaitu sebanyak 65 7% . 3) Hasil belajar siswa kelas XI jurusan Teknik Otomasi Industri SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen berada dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 46 dari 70 responden (65 7%). Dari hasil uji hipotesis diketahui 1) adanya pengaruh yang signifikan antara gaya pembelajaran guru dengan hasil belajar siswa kelas XI jurusan Teknik Otomasi Industri SMK Muhammadiyah Kepanjen 2) adanya pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa dengah hasil belajar siswa kelas XI jurusan Teknik Otomasi Industri SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen dan 3) adanya pengaruh yang signifikan antara gaya pembelajaran guru dan minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI jurusan Teknik Otomasi Industri SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Perbedaan pengaruh antara gaya pembelajaran personalisasi dan interaksional adalah 1 8% dengan demikian gaya pembelajaran guru secara interaksional lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47625 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |