Pengembangan media ajar sistem pembacaan sensor menggunakan sistem Analog to Digital Converter (ADC) dengan kombinasi multiplexer pada robot line follower untuk pembelajaran matakuliah robotika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Mahfud Jiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media ajar sistem pembacaan sensor menggunakan sistem Analog to Digital Converter (ADC) dengan kombinasi multiplexer pada robot line follower untuk pembelajaran matakuliah robotika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Mahfud Jiono

Jiono, Mahfud (2014) Pengembangan media ajar sistem pembacaan sensor menggunakan sistem Analog to Digital Converter (ADC) dengan kombinasi multiplexer pada robot line follower untuk pembelajaran matakuliah robotika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Mahfud Jiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jiono Mahfud. 2013. Pengembangan Media Ajar Sistem Pembacaan Sensor menggunakan Sistem Analog to Digital Converter (ADC) dengan Kombinasi Multiplexer pada Robot Line Follower untuk Pembelajaran Matakuliah Robotika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Suwasono M.T (2) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata kunci pengembangan trainer analog to digital converter (ADC) multiplexer pembelajaran robotika Peningkatan pemahaman konsep mahasiswa dalam mata kuliah robotika dapat dibantu dengan adanya media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga seorang pendidik perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil kegiatan observasi dan wawancara metode yang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas yaitu experiment. Sesuai dengan kondisi saat ini Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang kekurangan trainer untuk mendukung kegiatan praktikum robotika sehingga akan lebih efektif dan sesuai dengan metode yang dipakai dalam proses pembelajaran ini jika ada trainer yang dapat digunakan sebagai instrument alternatif yang dapat membantu pemahaman mahasiswa tentang robotika. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menghasilkan trainer Robot Line Follower menggunakan sistem ADC dengan kombinasi Multiplexer untuk pembelajaran Matakuliah Robotika dan (2) modul ajar sebagai petunjuk penggunaan trainer Robot Line Follower bagi dosen dan mahasiswa. Model pengembangan trainer ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikolaborasikan dengan model pengembangan Sugiyono yaitu perlu adanya proses validasi produk dan revisi produk yang terletak pada fase sesudah pengembangan menuju ke fase implementasi media pembelajaran. Model pengembangan trainer ini memiliki tujuh tahap yaitu (1) analisis kebutuhan media pembelajaran robotika (2) perancangan media pembelajaran berupa trainer robot line follower (3) pengembangan (4) uji validasi (5) revisi trainer (6) penerapan dan (7) evaluasi. Dalam model ini dari setiap prosesnya selalu ada proses evaluasi yang bertujuan untuk kesempurnaan trainer yang dibuat. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh persentase dari tiap-tiap subjek coba sebagai berikut (1) didapatkan persentase skor keseluruhan dari ahli media sebesar 91.34 % (2) persentase skor keseluruhan dari ahli materi sebesar 97.00 % dan (3) persentase skor keseluruhan dari uji coba (mahasiswa) sebesar 91.15 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan trainer sistem pembacaan sensor menggunakan sistem analog to digital converter (ADC) dengan kombinasi multiplexer pada robot line follower bagi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47621

Actions (login required)

View Item View Item