Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pneumatik menggunakan model problem based learning berbasis software festo fluidsim kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Bangil / Muhammad Lukman Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pneumatik menggunakan model problem based learning berbasis software festo fluidsim kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Bangil / Muhammad Lukman Hadi

Hadi, Muhammad Lukman (2013) Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pneumatik menggunakan model problem based learning berbasis software festo fluidsim kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Bangil / Muhammad Lukman Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hadi Muhammad Lukman. 2013. Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pneumatik Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Software FESTO FluidSIM Kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Bangil. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (2) Aripriharta S.T M.T. Kata Kunci Pneumatik media pembelajaran berbasis software FluidSIM Aktuator. Secara istilah kata pneuma berasal dari kata dalam bahasa yunani kuno yang artinya tiupan angin. Namun secara definisi pneumatik artinya salah satu cabang ilmu fisika-elektronika yang mempelajari fenomena udara yang dimampatkan (bertekanan) sehingga tekanan yang terjadi akan menghasilkan gaya sebagai penyebab gerak/aktuasi pada aktuator . Pembelajaran pneumatik merupakan salah satu materi pelajaran elektronika industri di SMK Negeri 1 Bangil. Namun tidak semua siswa mampu memahami materi tersebut dengan mudah. Guru kelas hanya memberikan materi dengan menggunakan media papan tulis sebagai sarana pembelajaran dan siswa hanya menulis hasil pembelajaran yang dijelaskan oleh guru tanpa adanya aplikasi secara langsung yaitu media pembelajaran yang menarik dan kreatif sehingga bisa menarik minat belajar siswa untuk semangat dalam proses pembelajaran baik pada saat teori maupun praktikum. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan software FESTO FluidSIM sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien. Software FESTO FluidSIM ini dapat digunakan sebagai simulasi perakitan simulasi rangkaian kontrol elektronik dan juga mempunyai fasilitas untuk pengujian rangkaian deskripsi komponen sampai pada foto komponennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dalam model Problem Based Learning serta mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui penggunaan Software FESTO FluidSIM pada kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Bangil. Siswa dapat menggunakan media pembelajaran berbasis software simulasi ini sebagai alternatif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model problem based learning (PBL). Software FESTO FluidSIM ini nantinya akan digunakan oleh siswa kelas XI untuk lebih memahami simbol dan sistem kontrol pneumatik. Uji coba penggunaan Software FESTO FluidSIM ini akan dilakukan oleh subjek uji coba yaitu siswa kelas XI TEI 2 di SMK Negeri 1 Bangil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47620

Actions (login required)

View Item View Item