Kajian proses pembelajaran guru untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran elektronika dasar siswa kelas X-PBB SMK PGRI 3 Malang / Qifhana Khoirul Mudfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian proses pembelajaran guru untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran elektronika dasar siswa kelas X-PBB SMK PGRI 3 Malang / Qifhana Khoirul Mudfa

Mudfa, Qifhana Khoirul (2013) Kajian proses pembelajaran guru untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran elektronika dasar siswa kelas X-PBB SMK PGRI 3 Malang / Qifhana Khoirul Mudfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khoirul Mudfa Qifhana. 2013. Kajian Proses Pembelajaran Guru untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Siswa Kelas X-PBB SMK PGRI 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (II) Sujito S.T. M.T. Kata Kunci Kajian Proses Pembelajaran Guru Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Untuk mempersiapkan sumber daya manusia profesional diperlukan guru dan siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada bulan Januari 2013 untuk proses pembelajaran pada mata pelajaran Elektronika Dasar diketahui bahwa siswa kelas X-PBB SMK PGRI 3 Malang dengan program keahlian Teknik Pembangkit kelas B masih tergantung pada guru. Sehingga keterampilan proses dan hasil belajar siswa kurang dan guru tidak sepenuhnya mengacu pada RPP yang dibuat. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) meningkatkan keterampilan proses (2) meningkatkan hasil belajar dan (3) mengungkap peningkatan performane guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengambil sampel pada kelas X-PBB SMK PGRI 3 Malang yang berjumlah 34 siswa dengan jumlah laki-laki 32 siswa dan perempuan 2 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan kajian proses pembelajaran guru dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian ini dilaksanakan dengan 3 siklus dengan 5 pertemuan. Setiap siklus menggunakan tahapan Lesson Study yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran pada setiap siklus. Hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar siswa kelas X-PBB SMK PGRI 3 Malang. Keseluruhan peningkatan keterampilan proses siswa dari siklus I ke siklus II dapat dilihat dengan skor ratarata keterampilan proses belajar siswa sebesar 3.97% dan pada siklus II dan siklus III dapat dilihat dengan skor rata-rata keterampilan proses belajar siswa sebesar 8.97% yaitu pada siklus I rata-rata mencapai 64.26% pada siklus II rata-rata mencapai 68.23% dan pada siklus III rata-rata mencapai 77.2%. Peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar. 8.83%. Kemudian peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus II ke siklus III yaitu sebesar 5.88%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47617

Actions (login required)

View Item View Item