Pengembangan media pembelajaran simulasi rangkaian resistor, induktor dan kapasitor (RLC) / Pebriyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran simulasi rangkaian resistor, induktor dan kapasitor (RLC) / Pebriyadi

Pebriyadi (2013) Pengembangan media pembelajaran simulasi rangkaian resistor, induktor dan kapasitor (RLC) / Pebriyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pebriyadi Pengembangan Media Pembelajaran Simulasi Rangkaian Resistor Induktor dan Kapasitor ( R L C ). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. 2013. Pembimbing (I) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (II) M. Rodhi Faiz S.T. M.T. Kata kunci Media Pembelajaran Rangkaian Listrik RLC. Pemahaman tentang konsep dasar rangkaian resistor induktor dan kapasitor sangat diperlukan dalam bidang elektronika dasar. Sehingga diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat mempermudah pemahaman konsep dasar rangkaian listrik arus bolak balik. Dari penjelasan diatas dirumuskan suatu permasalahan yaitu bagaimana mengembangkan suatu media pembelajaran rangkaian listrik arus bolak balik yang bisa meningkatkan penguasaan pemahaman konsep dasar rangkaian listrik bagaimana keberfungsian media pembelajaran tersebut dalam proses pembelajaran rangkaian listrik dan bagaimana kelayakan media pembelajaran tersebut dalam membantu proses pembelajaran rangkaian listrik arus bolak balik. Pada pengembangan media pembelajaran ini pengembangan menggunakan model pengembangan media sadiman yang dimodifikasi. Pemilihan model ini dikarenakan prosedur dalam pengembangan media lebih sesuai dan tepat. Langkah langkah prosedur pengembangan yang dilakukan meliputi (1) identifikasi kebutuhan (2) analisis tujuan pembelajaran (3) pengembangan materi pembelajaran (4) menyusun naskah (5) produksi (6) menyusun petunjuk pemanfaatan (7) validasi dan (8) revisi. Sesuai dengan hasil validasi ahli media ahli materi dan mahasiswa didapatkan persentase sebesar 89 5% untuk validasi ahli media 73 3% untuk validasi ahli materi dan 93 1% untuk mahasiswa maka diperoleh persentase rata-rata sebesar 85 3%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini sudah valid dan siap untuk di produksi masal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47612

Actions (login required)

View Item View Item