Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi kejuruan teknik instalasi tenaga listrik kelas X-TITL 1 SMK Negeri 2 Bojonegoro / Fauzia Aswin - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi kejuruan teknik instalasi tenaga listrik kelas X-TITL 1 SMK Negeri 2 Bojonegoro / Fauzia Aswin

Aswin, Fauzia (2013) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi kejuruan teknik instalasi tenaga listrik kelas X-TITL 1 SMK Negeri 2 Bojonegoro / Fauzia Aswin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran kooperatif tipe STAD Aktivitas Belajar Hasil Belajar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada SMK Negeri 2 Bojonegoro sebagai salah satu sekolah favorit terdapat fasilitas pembelajaran utamanya tiap kelas dilengkapi dengan fasilitas LCD proyektor. Sementara proses pembelajaran kompetensi dasar kejuruan terutama teori dilaksanakan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Model pembelajaran seperti ini mengakibatkan siswa kurang dapat aktif dalam proses pembelajaran sehingga perlu digunakannya model pembelajaran kooperatif yang dapat merangsang siswa untuk aktif dalam pembelajaran salah satunya dengan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) yaitu pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang melibatkan siswa belajar bersama saling menyumbang pemikiran dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara individu maupun kelompok (Slavin 2010). Lie (2010) mengatakan terdapat lima unsur dalam pembelajaran kooperatif yaitu saling ketergantungan positif tanggung jawab perseorangan tatap muka komunikasi antar anggota evaluasi proses kelompok. Penelitian ini diterapkan pada kelas X TITL 1 SMK Negeri 2 Bojonegoro dengan jumlah siswa 30 orang. Kegitan pembelajaran sebelum diterapkannya metode pembelajaran kooperatif tipe STAD aktivitas belajar siswa sangat kurang siswa senderung pasif dan hasil belajar hanya mencapai rata-rata 60 dari KKM yang ditentukan di SMK Negeri 2 Bojonegoro yaitu 70. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tiap siklus dilaksanakan secara umum dengan 7 tahap yaitu (1) penyajian materi (2) kegiatan kelompok (3) tes individu (4) perhitungan skor perkembangan individu (5) evaluasi dan (6) pemberian penghargaan kelompok. Hasil dari penelitian dapat diketahui persentase siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebesar 43 3% atau 13 orang pada siklus II sebesar 66 7% atau 20 orang dan pada siklus III sebesar 86 7% atau 26 orang. Berdasarkan analisis data dapat dikatakan prestasi belajar siswa terus meningkat di setiap siklusnya secara bertahap. Dari data di setiap siklus prestasi belajar siswa meningkat dan adanya kenaikan nilai siswa yang mencapai KKM maka pembelajaran dikatakan tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47608

Actions (login required)

View Item View Item