Pengembangan trainer televisi berwarga guna menunjang pembelajaran audio video untuk D3 Prodi Elektronika Universitas Negeri Malang / Maulidiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer televisi berwarga guna menunjang pembelajaran audio video untuk D3 Prodi Elektronika Universitas Negeri Malang / Maulidiyah

Maulidiyah (2013) Pengembangan trainer televisi berwarga guna menunjang pembelajaran audio video untuk D3 Prodi Elektronika Universitas Negeri Malang / Maulidiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maulidiyah. 2013. Pengembangan Trainer Televisi Berwarna Guna Menunjang Pembelajaran Audio Video Untuk D3 Prodi Elektronika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suwasono M.T. (2) Ilham Ari Elbaith Zaeni S.T. M.T. Kata Kunci Alat peraga (Trainer) Televisi berwarna Trainer televisi berwarna Berdasarkan interview dengan dosen audio video jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang Trainer yang digunakan dalam pembelajaran audio video di jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang (1) Blok-blok rangkaiannya tidak terpisah sehingga mahasiswa kesulitan dalam belajar memperbaiki televisi (2) Tidak terdapat test point untuk melakukan pengukuran (3) Jobsheet sudah ada tapi karena tidak ada test point maka mahasiswa mengalami kesulitan dalam praktikum (4) Kurangnya modul pendukung untuk memperkaya pengetahuan tentang memperbaiki televisi (5) Perlu pengembangan modul trainer televisi berwarna yang dilengkapi dengan test point dan saklar kerusakan dan (6) Sebagai pendukung perlu dilengkapi modul pengembangan dan manual book yang sesuai dengan trainer televisi berwarna maka dari itu dibuatlah Pengembangan Trainer Televisi Berwarna Guna Menunjang Pembelajaran Audio Video Untuk D3 Prodi Elektronika Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengungkapkan beberapa hal yaitu (1) Memudahkan pendidik dalam mentransfer ilmu kepada peserta didik (2) Memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik (3) Mempermudah dalam memahami konsep mengidentifikasi kerusakan televisi (4) Mengalami sendiri bagaimana memperbaiki televisi dan (5) mengembangkan trainer televisi yang ada di teknik elektro Universitas Negeri Malang. Model pengembangan bahan ajar ini adalah model yang telah dimodifikasi dari Model pengembangan Borg Gall yang disesuaikan dengan kondisi pengalaman lapangan. Adapun langkah-langkah penelitian media bahan ajar yang digunakan adalah sebagai berikut (1) analisis kebutuhan (2) perencanaan media (3) pengembangan produk (4) Validasi (5) uji coba kelompok lapangan (6) revisi (7) Produk akhir dan laporan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan penyebaran angket. Dihasilkan trainer Televisi yang dilengkapi modul sistem penerima televisi berwarna jobsheet pegangan dosen jobsheet pegangan mahasiswa dan buku panduan trainer (manual book) untuk mata kuliah Audio Video di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Berdasarkan pada hasil uji coba diperoleh presentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut (1) Pada ahli media diperoleh presentase sebesar 90 00% (2) Pada ahli materi diperoleh presentase sebesar 88 88% (3) Pada uji coba pengguna/mahasiswa diperoleh presentase sebesar 89 41%. Berdasarkan kriteria validasi yang diadaptasi dari Akbar dan Sriwijaya (2010 212) dapat disimpulkan bahwa pengembangan trainer TV berwarna sebagai bahan ajar Pada Mata Kuliah Audio Video Prodi D3 Teknik Elektronika di Universitas Negeri Malang ini layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47607

Actions (login required)

View Item View Item