Dampak program penilaian kapasitas (PEKA) terhadap kemajuan organisasi serikat petani merdeka (SPM) Desa Pagak, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang / Ninda Septiani Malika - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak program penilaian kapasitas (PEKA) terhadap kemajuan organisasi serikat petani merdeka (SPM) Desa Pagak, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang / Ninda Septiani Malika

Ninda Septiani Malika (2009) Dampak program penilaian kapasitas (PEKA) terhadap kemajuan organisasi serikat petani merdeka (SPM) Desa Pagak, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang / Ninda Septiani Malika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan pengadaan buku ajar sebagai sarana kegiatan belajar mengajar sangat penting termasuk buku ajar matematika. Matematika memiliki objek kajian yang bersifat abstrak yang meliputi fakta konsep prinsip dan ketrampilan. Struktur materi matematika tersusun secara hirarkis dan sarat dengan materi prasyarat. Oleh karena itu kebenaran dan konsistensi materi matematika dalam buku ajar merupakan hal yang sangat penting agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi matematika. Kondisi ideal yang diharapkan dalam buku ajar adalah menyajikan objek matematika secara benar dan konsisten. Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini difokuskan pada (1) bagaimana kebenaran materi dalam buku ajar matematika SMP Kelas IX dan (2) bagaimana konsistensi materi dalam buku ajar matematika SMP Kelas IX Untuk mengetahui kebenaran dan konsistensi materi dalam buku ajar matematika tersebut maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian isi yaitu memeriksa dan mengidentifikasi ada tidaknya kesalahan dan ketidakkonsistenan pengungkapan objek matematika dalam buku ajar. Buku ajar tersebut meliputi A E ER dan YD. Dari pengkajian yang dilakukan ditemukan kesalahan dan ketidakkonsistenan pengungkapan objek matematika pada masing-masing buku teks (1) Pada buku A ditemukan 1 kesalahan pengungkapan fakta 9 kesalahan pengungkapan konsep 2 kesalahan pengungkapan prinsip 11 kesalahan pengungkapan ketrampilan dan 1 ketidakkonsistenan pengungkapan konsep. Persentase kebenaran pengungkapan fakta konsep prinsip dan ketrampilan pada buku A berturut-turut 84 13% 59 09% 88 24% 75%. Persentase konsistensi pengungkapan konsep pada buku A 95 45% sedangkan konsistensi fakta prinsip dan ketrampilan masing-masing 100% (2) pada buku E ditemukan 9 kesalahan pengungkapan fakta 4 kesalahan pengungkapan konsep 5 kesalahan pengungkapan prinsip 1 kesalahan pengungkapan ketrampilan dan 1 ketidakkonsistenan pengungkapan konsep. Persentase kebenaran pengungkapan fakta konsep prinsip dan ketrampilan pada buku E berturut-turut 75 68% 71 43% 70 59% 97 73%. Persentase konsistensi pengungkapan konsep pada buku E adalah 92 86% sedangkan konsistensi fakta prinsip dan ketrampilan masing-masing 100% (3) pada buku ER ditemukan 4 kesalahan pengungkapan fakta 2 kesalahan pengungkapan konsep 5 kesalahan pengungkapan prinsip dan 5 kesalahan pengungkapan ketrampilan. Selain itu ditemukan juga 1 ketidakkonsistenan pengungkapan fakta 1 ketidakkonsistenan pengungkapan konsep dan 1 ketidakkonsistenan pengungkapan prinsip. Persentase kebenaran pengungkapan fakta konsep prinsip dan ketrampilan pada buku ER berturut-turut 90 48% 90 48% 70 59% 88 89%. Persentase konsistensi fakta konsep prinsip dan ketrampilan pada buku ER berturut-turut 97 62% 95 24% 94 12% 100% (4) pada buku YD ditemukan 7 kesalahan pengungkapan fakta 3 kesalahan pengungkapan konsep 3 kesalahan pengungkapan prinsip dan 9 kesalahan pengungkapan ketrampilan. Persentase kebenaran pengungkapan fakta konsep prinsip dan ketrampilan pada buku YD berturut-turut 82 93% 86 36% 88% 79 55%. Persentase konsistensi fakta konsep prinsip dan ketrampilan masing-masing 100%. Secara umum masing-masing keempat buku yang dikaji lebih banyak memuat kesalahan pengungkapan konsep kesalahan prinsip ketidakkonsistenan konsep dan ketidakkonsistenan prinsip. Berdasarkan temuan dari penelitian ini disarankan kepada masing-masing penulis buku A E ER dan YD agar lebih memperhatikan kebenaran dan konsistensi pengungkapan objek matematika lebih khusus lagi kebenaran konsep kebenaran prinsip konsistensi konsep dan konsistensi prinsip. Begitu pula kepada guru yang akan menggunakan buku A E ER atau YD hendaknya memeriksa dahulu kebenaran dan konsistensi materi sebelum menggunakannya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4760

Actions (login required)

View Item View Item