Pelaksanaan pengelolaan sumber belajar laboratorium teknologi pendidikan Universitas Negeri Malang / Tya Yuniarta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pengelolaan sumber belajar laboratorium teknologi pendidikan Universitas Negeri Malang / Tya Yuniarta

Yuniarta, Tya (2014) Pelaksanaan pengelolaan sumber belajar laboratorium teknologi pendidikan Universitas Negeri Malang / Tya Yuniarta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yuniarta Tya. 2014. Pelaksanaan Pengelolaan Sumber Belajar Laboratorium Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (II) Arafah Husna S.Pd M.Med Kom. Kata Kunci Pengelolaan Sumber Belajar Pelaksanaan Pengelolaan Sumber Belajar Laboratorium Teknologi Pendidikan 12288 12288 12288 12288 Sumber belajar merupakan kebutuhan utama yang harus dimiliki dalam sebuah dunia pendidikan. Dengan adanya sumber belajar maka kegiatan belajar mengajar akan berjalan secara efektif dan efisien. Di program studi Teknologi Pendidikan terdapat beberapa sumber belajar yang telah disediakan untuk dipergunakan oleh mahasiswa maupun dosen Teknologi Pendidikan. Klasifikasi sumber belajar terdiri dari pesan orang bahan peralatan teknik dan setting (lingkungan). Pada penelitian ini dibatasi pada klasifikasi peralatan dan setting (lingkungan) untuk mengetahui secara spesifik sumber belajar yang digunakan dalam kegiatan matakuliah pengembangan media. Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi ruang maupun kondisi fisik peralatan di ruang laboratorium kondisi peralatan yang memadai serta pembagian tugas hak dan wewenang di Program Studi Teknologi Pendidikan. Sehingga akan dijadikan sebagai indikator evaluasi bagi pihak Program Studi Teknologi Pendidikan. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kebijakan program studi Teknologi Pendidikan mendeskripsikan pelayanan sumber belajar mendeskripsikan permasalahan-permasalahan pelayanan sumber belajar dan upaya peningkatan kualitas pelayanan sumber belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengambil sampel mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2011 2012 dan 2013 sebanyak 66 mahasiswa yang diambil secara random. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket observasi wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data presentase. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan (1) responden sebanyak (50 38%) menyatakan kebijakan program studi teknologi pendidikan dalam pelayanan sumber belajar tergolong cukup memuaskan (2) responden sebanyak (57 18%) menyatakan mengenai pelayanan sumber belajar di program studi teknologi pendidikan tergolong cukup baik (3) responden sebanyak (60 61%) menyatakan fasilitas sumber belajar yang tersedia mencukupi kebutuhan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan sehingga permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam pelayanan sumber belajar program studi teknologi pendidikan tergolong tidak terlalu besar dan (4) upaya program studi teknologi pendidikan dalam peningkatan kualitas pelayanan sumber belajar (48 48%) responden menyatakan cukup penting untuk dilakukan. 12288 12288 12288 12288 Bedasarkan hasil penelitian ini maka peneliti menyarankan (1) sebaiknya harus ada record baik peminjaman peralatan produksi maupun pengguna laboratorium (2) penambahan tenaga untuk mengelola perpustakaan (3) adanya peraturan secara tertulis terutama untuk peminjaman peralatan produksi (4) perlunya keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pemeliharaan peralatan produksi maupun ruang laboratorium.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item View Item