Pengaruh penerapan software circuit wizard dalam model project based learning untuk meningkatkan prestasi belajar elektronika analog dan digital dasar siswa kelas X di SMK Negeri 3 Jombang / Bagus Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan software circuit wizard dalam model project based learning untuk meningkatkan prestasi belajar elektronika analog dan digital dasar siswa kelas X di SMK Negeri 3 Jombang / Bagus Prasetyo

Prasetyo, Bagus (2013) Pengaruh penerapan software circuit wizard dalam model project based learning untuk meningkatkan prestasi belajar elektronika analog dan digital dasar siswa kelas X di SMK Negeri 3 Jombang / Bagus Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Software Circuit Wizard Project Based Learning Prestasi Belajar Dalam era modern seperti saat ini guru dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif yakni hendaknya selalu bertindak dengan penuh kelancaran fleksibilitas sehingga dapat menunjang prestasi siswa siswinya. Untuk itu guru harus mempunyai kompetensi dalam bidangnya serta mampu mempengaruhi siswa untuk belajar baik dari ranah kognitif psikomotor maupun afektif. Pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi siswa dan lebih utama adalah perubahan perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Expermental design atau experimen semu tipe Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini mengambil sampel dari populasinya yaitu 2 Kelas X TKJ A dan X TKJ B yang berjumlah keseluruhan 56 Siswa. Perlakuan yang diberikan adalah penerapan software circuit wizard dalam model project based learning untuk kelompok A (eksperimen) sedangkan untuk kelompok B (kontrol) menggunakan metode ceramah bermakna dan penugasan. Untuk mengetahui keadaan awal masing masing kelompok maka peneliti memberikan test awal (pre test). Setelah diketahui nilai awalnya kelompok eksperimen diajar dengan model pembelajaran Project based learning dengan software circuit wizard (P1) sedangkan kelompok kontrol diajar dengan metode pembelajaran ceramah bermakna dan penugasan oleh peneliti (P2). Setelah perlakuan (P) diberikan kemudian masing-masing kelompok diberi test akhir (post test) untuk mengetahui adakah perbedaan antara kelompok Hasil penelitian yang dilakukan dengan SPSS 19 membuktikan dengan adanya perolehan rerata prestasi belajar siswa kelas eksperimen (X TKJ A) sebesar 87 11. Sedangkan kelas kontrol (X TKJ B) sebesar 73 87. Dari uji-t dua pihak yang dilakukan diperoleh thitung (-13 638) lebih besar dari ttabel (2 052) jadi H0 ditolak. Siswa yang tuntas belajar pada kelas eksperimen jumlahnya lebih banyak dari pada kelas kontrol yaitu 96% untuk kelas eksperimen 11% untuk kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan software circuit wizard dalam model pembelajaran berbasis proyek memiliki perbedaan yang signifikan dibanding dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah bermakna dan penugasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47598

Actions (login required)

View Item View Item