Pengembangan sumber belajar penggunaan software CX-One untuk memprogram PLC pada siswa SMK kelas XI Jurusan Mekatronika / Andi Sulaiman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sumber belajar penggunaan software CX-One untuk memprogram PLC pada siswa SMK kelas XI Jurusan Mekatronika / Andi Sulaiman

Sulaiman, Andi (2013) Pengembangan sumber belajar penggunaan software CX-One untuk memprogram PLC pada siswa SMK kelas XI Jurusan Mekatronika / Andi Sulaiman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Sumber Belajar PLC CX-ONE. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju pengembangan sistem otomatisasi berbasis PLC (Programmable Logic Controller) marak dilaksanakan tidak hanya dunia industri universitas dan politeknik akan tetapi juga dikalangan SMK. Siswa SMK pada umumnya dikenalkan dengan PLC merk Omron dan Zelio mengingat PLC jenis ini mudah untuk dipelajari bagi para pemula. Untuk memprogram PLC dari PC diperlukan software bawaan dari PLC tersebut. Software yang digunakan untuk memprogram Zelio dengan PC adalah Zelio Soft sedangkan untuk memprogram Omron dengan PC menggunakan software CX-ONE. Berdasarkan hasil observasi terhadap 17 siswa SMK Negeri 8 Malang Jurusan Mekatronika menunjukkan bahwasannya dari 17 siswa yang diberi angket hanya 17 65% siswa yang belum mahir menggunakan software Zelio Soft. Dari hasil observasi tersebut juga didapat fakta bahwa siswa yang bisa menggunakan software CX-ONE hanya 29 41%. Dengan latar belakang tersebut Penulis ingin memperkaya sumber belajar dalam bidang PLC dengan tujuan menyusun karya tulis yang berupa video tutorial tentang cara memprogram PLC Omron menggunakan perangkat lunak CX-ONE untuk mata pelajaran PLC di Sekolah Menengah Kejuruan. Adapun isi materi sumber belajar ini adalah program dasar PLC (a) instruksi LOAD (b) instruksi OR (c) instruksi AND (d) instruksi NOT (e) instruksi Timer dan (f) instruksi Counter. Model pengembangan bahan ajar ini berdasarkan pada model pengembangan Borg Gall (Borg Gall 2001) yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi di tempat penelitian. Adapun langkah-langkah penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut (1) analisis kebutuhan (2) perencanaan sumber belajar (3) pengembangan produk (4) validasi (5) uji coba perseora ngan (6) revisi (7) uji coba kelompok kecil (8) revisi dan (9) produk akhir serta laporan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan penyebaran angket. Berdasarkan pada hasil uji coba diperoleh persentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut (1) pada ahli sumber belajar diperoleh presentase sebesar 97 22% (2) pada ahli materi diperoleh persentase sebesar 89 77% (3) pada kelompok kecil dipe ro leh presentase sebesar 83 67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan sumber belajar berupa video tutorial tentang cara memprogram PLC Omron menggunakan software CX-ONE untuk siswa kelas XI jurusan mekatronika layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47592

Actions (login required)

View Item View Item