Pengembangan trainer TV berwarna sebagai bahan ajar pada mata pelajaran audio video prodi elektronika di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang / Ronny Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer TV berwarna sebagai bahan ajar pada mata pelajaran audio video prodi elektronika di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang / Ronny Prasetyo

Prasetyo, Ronny (2013) Pengembangan trainer TV berwarna sebagai bahan ajar pada mata pelajaran audio video prodi elektronika di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang / Ronny Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan trainer TV audio video. Audio Video merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat di SMK jurusan Elektronika. Pada mata pelajaran ini terdapat pokok bahasan mengenai televisi. Penggunaan televisi sangat banyak hampir disemua tempat seperti rumah maupun tempat umum seperti stasiun dan rumah makan di desa maupun di kota terdapat televisi. Banyaknya pengguna televisi maka tidak jarang terjadinya kerusakan pada televisi dan masyarakat terutama kalangan menengah ke bawah cenderung memilih memperbaiki daripada beli. Pada mata pelajaran audio video salah satunya membahas tentang televisi dan cara-cara memperbaiki. Berdasarkan hasil interview dan hasil angket persepsi siswa selama ini praktikum yang dilakukan menggunakan rangkaian televisi langsung sehingga sis wa dapat mengetahui tetapi dalam segi pemahaman masih kurang dan kurang efektif dalam proses pembelajaran. Selain itu kondisi trainer di SMK kurang mendukung untuk jadi bahan ajar praktek dikarenakan (1) Tidak adanya buku panduan untuk petunjuk pemakain trainer (2) Tidak tersedianya trainer televisi dengan saklar simulasi kerusakan dan tes poin untuk penggukuran tegangan (3) Modul sistem penerima televisi dan (4) Tidak adanya LKS (Lembar Kerja Siswa) untuk melatih siswa berfikir lebih mantap dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut dapat diatasi dengan membuat bahan ajar siap pakai yang sesuai dengan silabus dan waktu yang dibutuhkan yang meliputi 3 ranah dalam pendidikan yaitu kognitif psikomotorik dan afektif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu (1) dihasilkannya trainer televisi modul ajar dan jobsheet yang bermanfaat bagi guru dan siswa yang sesuai dengan karakteristik peserta didik (2) Mempermudah siswa dalam belajar memperbaiki sistem penerima televisi berwarna. Model pengembangan bahan ajar ini adalah model yang telah dimodifikasi dari Model pengembangan Borg Gall (Borg Gall 2001) yang disesuaikan dengan kondisi pengalaman lapangan. Adapun langkah-langkah penelitian media bahan ajar yang digunakan adalah sebagai berikut (1) analisis kebutuhan (2) perencanaan media (3) pengembangan produk (4) Validasi (5) uji coba perseora ngan (6) revisi (7) uji coba kelompok kecil (8) revisi (9) Produk akhir dan laporan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan penyebaran angket. Berdasarkan pada hasil uji coba diperoleh presentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut (1) Pada ahli media terdapat 3 penilain yaitu penilaian produk (trainer) modul ajar dan jobshet. Penilaian trainer diperoleh presentase sebesar 94 00%. Penilaian modul ajar diperoleh presentase sebesar 89 17% dan penilaian jobsheet sebesar 90 00%.(2) Pada ahli materi diperoleh presentase sebesar 90 00% (3) Pada kelompok kecil dipe ro leh presentase sebesar 81 30%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan trainer TV berwarna sebagai bahan ajar Pada Mata Pelajaran Audio Video Prodi Elektronika di SMK ini layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47590

Actions (login required)

View Item View Item