Rancangbangun trainer robot line follower analog untuk motivasi siswa dalam pembelajaran keterampilan elektronika dan robotika Di SMP Negeri 1 Glagah Banyuwangi / Emha Fathoni Al - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancangbangun trainer robot line follower analog untuk motivasi siswa dalam pembelajaran keterampilan elektronika dan robotika Di SMP Negeri 1 Glagah Banyuwangi / Emha Fathoni Al

Al'amien, Emha Fathoni (2013) Rancangbangun trainer robot line follower analog untuk motivasi siswa dalam pembelajaran keterampilan elektronika dan robotika Di SMP Negeri 1 Glagah Banyuwangi / Emha Fathoni Al. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Trainer Robot Line Follower Analog Ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang Robotika sekarang ini sudah berkembang pesat itu terbukti saat ini sudah banyak sekolah sekolah maupun Institusi institusi yang mengadakan suatu pelatihan robotika sampai dengan mengadakan suatu perlombaan di bidang robotika. Memandang hal tersebut SMPN 1 Glagah Banyuwangi menginginkan peserta didiknya mempunyai suatu kreatifitas tambahan yaitu dibidang Robotika jadi tidak hanya kreatifitas dibidang seni seperti kesenian tari dan kesenian musik tetapi ada suatu kreatifitas tambahan dibidang Elektronika dan Robotika. Namun harapan itu masih belum tercapai karena Peserta didik belum pernah mendapatkan mata pelajaran yang berkaitan dengan elektronika. Berdasarkan hasil interview dan angket persepsi siswa selama ini pembelajaran robotika di sekolah tidak pernah diperkenalkan sama sekali oleh guru. Hal ini menyebabkan siswa belum mengenal sama sekali tentang teknologi robotika. Dengan melihat itu maka penulis bermaksud membuat Trainer atau media pembelajaran yang berkaitan dengan elektronika khususnya dalam hal pembuatan robot line follower dengan harapan peserta didik yang semula tidak mengenal elektronika dan robotika dengan adanya media pembelajaran yang berisi modul elektronika dan Robotika serta di tambah dengan Trainer Robot Line Follower maka siswa akan dapat dengan mudah memahami dasar ilmu elektronika dan robotika.Model rancang bangun trainer ini mengadaptasi model rancangbangun Pusdiklat (Depdiknas). Dalam model rancangbangun ini pengerjaannya tidak terlalu rumit tetapi diakhir prosesnya selalu ada evaluasi yang tujuannya untuk kesempurnaan trainer yang dibuat. Model rancangbangun ini terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analisis kebutuhan media pembelajaran robotika (2) Strategi Pendekatan (3) Penyusunan Bahan /trainer robot Line Follower (4) Pelaksanaan (5) Evaluasi. Berdasarkan pada hasil uji coba diperoleh presentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut (1) Pada ahli media diperoleh presentase sebesar 93 33 % (2) Pada ahli materi diperoleh presentase sebesar 96 66% (3) Pada kelompok kecil dipe ro leh presentase sebesar 67 64 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rancangbangun trainer robotika Line Follower untuk siswa SMPN 1 Glagah Banyuwangi ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47589

Actions (login required)

View Item View Item