Fathoni, Happy Sholihul (2012) Pengembangan trainer klasifikasi robot untuk pembelajaran robotika jurusan teknik elektro dengan bahasan pergerakan robot jenis horizontal jointed arm / Happy Shoplihul Fathoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan trainer robotika horizontal jointed arm Dalam ilmu robotika terdapat 5 dasar pergerakan robot yaitu (1) Cartesian (2) Spherical (3) Cylindrical (4) Vertical Jointed Arm (5) Horizontal Jointed Arm. Masing-masing robot mempunyai karakteristik tersendiri yang berbeda antara satu dengan yang lain. Berbagai macam robot yang ada di industri pun menggunakan 5 dasar pergerakan robot ini sebagai pijakan dan 5 dasar pergerakan robot ini akan terus berkembang model mekanik serta elektronisnya sesuai dengan kebutuhan produksi. Media pembelajaran yang lebih bagus daripada gambar adalah modul atau trainer asli pergerakan robot. Dengan trainer asli maka pembelajar akan dapat mengalami secara langsung bagaimana robot bergerak sehingga pembelajaran akan lebih menarik karena terdapat robot asli yang bisa didemonstrasikan. Dari beberapa permasalahan yang telah dijelaskan maka dibuatlah suatu trainer 5 dasar pergerakan robot yang bisa dilihat secara langsung pergerakannya dan pembelajar juga bisa menggerakkan sendiri trainer tersebut supaya bisa beroperasi sesuai dengan keinginan. Model pengembangan trainer ini mengadaptasi model pengembangan bahan ajar ADDIE.Terdapat 8 tahap utama dalam pengembangan model Borg and Gall yaitu (1)Analisis (2)Perancangan (3)Pembangunan (4)Penerapan (5)Evaluasi. Berdasarkan pada hasil uji coba diperoleh presentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut (1) Pada ahli media diperoleh presentase sebesar 98 16% (2) Pada ahli materi diperoleh presentase sebesar 98 33% (3) Pada kelompok kecil diperoleh presentase sebesar 89.05%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan trainer robotika bahasan pergerakan robot horizontal jointed arm untuk mahasiswa jurusan teknik elektro ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Saran bagi mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran ini untuk lebih teliti dalam membaca petunjuk percobaan sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan tujuan pada indikator pembelajaran. Saran bagi dosen yang menggunakan trainer klasifikasi robot ini yaitu untuk lebih memperhatikan perkembangan yang telah dicapai mahasiswa dan membimbing mahasiswa sehingga mahasiswa lebih paham akan materi yang disampaikan dan silabus dapat tercapai seluruh indikator tujuannya. Saran bagi pengembang berikutnya yaitu untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan tanpa menghilangkan kelebihan-kelebihan yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |