Penerapan prinsip PAKEM (pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) di kelompok bermain (play group) As-Sakinah Jl. Suruji Gg. 4 Kepanjen Malang / Romaida - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan prinsip PAKEM (pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) di kelompok bermain (play group) As-Sakinah Jl. Suruji Gg. 4 Kepanjen Malang / Romaida

Romaida (2009) Penerapan prinsip PAKEM (pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) di kelompok bermain (play group) As-Sakinah Jl. Suruji Gg. 4 Kepanjen Malang / Romaida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran guru dan peserta didik dalam pembelajaran bentuk dan fungsi bahan ajarnya Strategi pembelajarannya penggunaan media pembelajarannya evaluasinya serta kelebihan dan kekurangan PAKEM di Kelompok Bermain As-Sakinah. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian Diskriptif jenis penelitiannya Diskriptif. Sumber data adalah 1 Kepala Program 4 orang guru 2 orang wali murid serta situasi social lingkungan Kelompok bermain. Untuk tehnik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data display data kesimpulan dan verivikasi. Berdasarkan basil penelitian peran guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator motivator dan model sesuai dengan prinsip Pakem adapun bentuk bahan ajarnya berupa modul yang berfungsi sebagai acuan menu pembelajaran yang mengacu pads 6 aspek perkembangan anak usia dini aspek yang dimaksud meliputi pengembangan moral dan nilai-nilai agama fisik bahasa kognitif social emosional dan pengembangan seni. Adapun Strategi pembelajarannya adalah. bermain sambil belajar belajar seraya bermain . Yang menggunakan pendekatan BCCT namun selaras dengan pakem. Media yang digunakan adalah lingkungan alam sekitar atau bahan-bahan yang sengaja disiapkan yang sesuai dengan perkembangan anak. Evaluasi dilakukan secara terus menerus yang merupakan evaluasi prows dan produk (basil karya anak). Adapun kelebihan Pakem (1). Pembelajaran yang berpusat pads anak mendorong anak didik untuk aktif dalam berkarya. (2). Mendidik anak untuk kritis terhadap lingkungan sekitar. (3). Anak lebih kreatif dalam menuangkan imajinasinya (3). Intensitas belajar peserta didik tinggi sedangkan kelemahannya antara lain (1). kurangnya media pembelajaranlalat permainan yang mendukung pembelajaran contoh Balok bangunan (2). Guru masih belum sepenuhnya dapat menerapkan metodologi secara utuh karena melihat karakteristik peserta didik yang berbeda beda. Rekomendasi dari penelitian ini (1) Bagi peneliti Hendaknya Peneliti melakukan penelitian lebih lanjut mengenai Penerapan Prinsip Pakem dan mencoba menguji dengan pendekatan yang lain sehingga memperluas pengalaman dibidang penelitian. (2) Bagi Jurusan Pendidikan Luar sekolah Hendaknya basil penelitian ini dapat dijadikan pijakan reverensi untuk menyelenggarakan Kelompok bermain yang lebih baik. (3) Bagi Kelompok Bermain (play group) As-Sakinah Kepanjen Malang Hendaknya selalu meningkatkan mutu kualitas mengajar dan mengoptimalkan fungsi dan pecan sebagai guru dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4758

Actions (login required)

View Item View Item