Perilaku belajar mahasiswa anggota unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Negeri Malang (UM) (studi di UKM Sanggar Minat) / Abdul Haris Elfarisy - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku belajar mahasiswa anggota unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Negeri Malang (UM) (studi di UKM Sanggar Minat) / Abdul Haris Elfarisy

Abdul Haris Elfarisy (2010) Perilaku belajar mahasiswa anggota unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Negeri Malang (UM) (studi di UKM Sanggar Minat) / Abdul Haris Elfarisy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Elfarisy Abdul Haris. 2007. Perilaku Belajar Mahasiswa Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Sanggar Minat Universitas Negeri Malang. Skripsi Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. H. M. Saleh Marzuki M. Ed (II) Drs. Hardika M. Pd Kata Kunci perilaku belajar UKM Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Sanggar Minat (UKM SAMIN) sebagai komunitas kampus Universitas Negeri Malang tidak dapat lepas dari perilaku belajar. Permasalahan yang hendak dikaji dalam penelitian ini berkaitan dengan perilaku belajar mahasiswa anggota UKM SAMIN dalam mengikuti kegiatan di UKM SAMIN perilaku belajar mahasiswa anggota UKM SAMIN dalam mengikuti kuliah hasil belajar di UKM SAMIN hasil belajar mahasiswa anggota UKM SAMIN. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan rancangan studi kasus. Data diperoleh melalui pengamatan peran serta di mana peneliti berfungsi sebagai instrumen yang tak terpisahkan dengan subjek penelitian untuk melakukan wawancara mendalam pengamatan terus-menerus dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles Huberman yang dilakukan melalui empat kegiatan utama yakni pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian Berdasarkan paparan tersebut ditemukan bahwa mahasiswa anggota UKM SAMIN memiliki perilaku belajar yang berbeda dengan mahasiswa anggota UKM yang lainnya dengan karakteristik sebagai berikut (1) perilaku belajar yang mengarah pada pengembangan bakat dan minat yang dimiliki (2) perilaku belajar yang bebas dalam ekspresi diri (3) perilaku belajar yang mandiri (4) hasil belajar yang diperoleh di Sanggar memberikan manfaat dalam melatih diri untuk menjadi individu yang mempunyai mental kuat serta tahan banting dalam menghadapi masalah baik di kuliah maupun di kehidupan bermasyarakat. (5) hasil belajar mahasiswa anggota UKM SAMIN terbentuk karena faktor lingkungan di UKM Pembahasan dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) perilaku belajar mahasiswa UKM SAMIN dalam mengikuti kegiatan di UKM SAMIN sudah sangat baik sehingga perlu dipertahankan dan perlu ditingkatkan. (2) perilaku belajar mahasiswa UKM SAMIN dalam mengikuti kegiatan kuliah sebagai sarana melatih diri untuk menjadi individu yang mempunyai mental baik serta tahan banting dalam menghadapi masalah. (3) dampak pembelajaran di UKM SAMIN bagi mahasiswa memberikan manfaat bagi anggotanya diantaranya memperoleh pengalaman berorganisasi belajar hidup mandiri. (4) manfaat hasil belajar yang dialami oleh mahasiswa anggota UKM SAMIN adalah kemandirian dalam belajar baik dalam kegiatan di Sanggar dan terlebih bagi kegiatan kuliah. (5) hasil belajar mahasiswa anggota UKM SAMIN terbentuk karena faktor lingkungan di UKM Berdasarkan penelitian ini disarankan bahwa mahasiswa anggota UKM SAMIN hendaknya mengarahkan pada mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki. Mengembangkan perilaku belajar yang bebas dalam ekspresi diri. Serta meningkatkan perilaku belajar yang mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4756

Actions (login required)

View Item View Item