Implementasi konsep gender pada pembelajaran kelompok bermain (studi kasus di kelompok bermain Aisyiyah Qurrota Ayun. Jl. Dr. Sutomo No. 59 Bojonegoro) / Diah Ayu Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi konsep gender pada pembelajaran kelompok bermain (studi kasus di kelompok bermain Aisyiyah Qurrota Ayun. Jl. Dr. Sutomo No. 59 Bojonegoro) / Diah Ayu Kurniawati

Diah Ayu Kurniawati (2009) Implementasi konsep gender pada pembelajaran kelompok bermain (studi kasus di kelompok bermain Aisyiyah Qurrota Ayun. Jl. Dr. Sutomo No. 59 Bojonegoro) / Diah Ayu Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak merupakan salah satu Sumber Daya Manusia serta asset nasional yang memiliki potensi yang amat besar dalam menentukan kehidupan suatu bangsa. Untuk menciptakan manusia yang berkualitas bukanlah tugas yang ringan serta bisa dilakukan sambil lalu. Oleh karena itu pendidikan dan peningkatan kualitas anak saat ini juga dimasa mendatang mutlak mendapat perhatian dan penanganan yang intensif sejak dini oleh semua pihak. Tertuang dalam Peraturan Pemerintah tahun 1990 Pasal 1 ayat 1 mengemukakan bahwa di Kelompok Bermain merupakan satuan PLS yang penyelenggaraannya diarahkan bagi Pendidikan Anak Usia Prasekolah yaitu pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak didik sebelum memasuki sekolah dasar. Kelompok Bermain itu sendiri memiliki tujuan membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap mental pengetahuan ketrampilan dan daya cipta yang diperlukan anak usia 2-4 tahun untuk memasuki pendidikan selanjutnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konsep gender pada pembelajaran di Kelompok Bermain. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 orang yang terdiri dari Kepala sekolah dan Pendidik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep gender terhadap pembelajaran Kelompok Bermain Aisyiyah masih kurang dikarenakan pengetahuan pendidik dan materi pembelajaran masih bias gender. Sebagai contoh ketika penunjukan pemimpin upacara bendera di hari Senin yang ditunjuk adalah anak laki-laki selain itu ketika pembelajaran seni tari yang dilibatkan hanya anak perempuan saja. Ini diakibatkan masih banyaknya materi pembelajaran yang belum bernuansa netral gender. Walaupun begitu para pendidik berusaha untuk netral karena di sekolah Aisyiyah Qurrota Ayun sekarang sedang dilakukan metode pembelajaran berwawasan gender. Sedangkan perlakuan pendidik terhadap anak didik sudah bagus terlihat diterapkannya metode berwawasan gender. Ini dibuktikan dengan diterapkannya permainan berwawasan gender yang diadakan di sekolah tersebut. Pendidik beranggapan pada usia anak-anak mereka masih dalam tahap perkembangan sehingga kebanyakan anak masih ingin mencoba-coba sesuatu yang baru karena dipicu oleh rasa keingin tahuannya yang tinggi. Dengan adanya metode tersebut diharapkan anak didik khususnya anak perempuan tidak lagi merasa kemampuannya dibawah anak laki-laki. Banyaknya bentuk-bentuk larangan pada anak maka akan menghambat dan mematikan daya kreatifitas anak. Dari penelitian ini dapat diberikan saran Perlu peningkatan pemahaman tentang gender dikalangan pendidik. Ini dapat ditempuh dengan cara mengadakan pelatihan gender dan pendidik juga diharapkan untuk lebih kritis dan sensitif dalam menelaah serta mencermati segala hal yang terkait dengan ketimpangan gender dalam proses pembelajaran yang berlangsung dalam kerja kesehariannya. Hal ini perlu sebab setiap kebiasaan dan pola perilaku yang terbentuk pada masa kanak-kanak akan banyak mempengaruhi kebiasaannya kelak ketika dia dewasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4752

Actions (login required)

View Item View Item