Analisis fungsi pembiayaan pendidikan terhadap prestasi belajar warga belajar dan kinerja tutor pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kartini Kota Malang / Deni Verina - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis fungsi pembiayaan pendidikan terhadap prestasi belajar warga belajar dan kinerja tutor pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kartini Kota Malang / Deni Verina

Deni Verina (2007) Analisis fungsi pembiayaan pendidikan terhadap prestasi belajar warga belajar dan kinerja tutor pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kartini Kota Malang / Deni Verina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Verina Deni. 2007. Analisis Fungsi Pembiayaan Pendidikan Terhadap Prestasi Belajar Warga Belajar dan Kinerja Tutor Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kartini Kota Malang. Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Muhadjir Effendi M.Ap. (II) Drs. Muchsin Zain. Kata Kunci pembiayaan pendidikan paket C Pembiayaan pendidikan belajar yang telah dikeluarkan dapat mendatangkan manfaat yang berupa prestasi belajar warga belajar serta kinerja tutor (tenaga pendidik NF) yang turut menentukan mutu outcomes yang baik. Untuk mengetahui bagaimana dan upaya apa saja yang telah dilakukan dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan yang sesuai sehingga PKBM Kartini sehingga mampu tampil menjadi lembaga NF yang diakui masyarakat maka perlu dilakukan suatu penelitian tentang analisis fungsi pembiayaan pendidikan terhadap mutu pendidikan dengan indikator utama prestasi belajar warga belajar Paket C dan kinerja tutor. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) Fungsi biaya yang dikeluarkan oleh warga belajar guna membiayai pendidikan berupa biaya tetap dan tidak tetap untuk meningkatkan prestasi belajar warga belajar Paket C di PKBM Kartini (2) Fungsi biaya yang dikeluarkan oleh PKBM Kartini dan pemerintah guna membiayai pengadaan komponen-komponen masukan pendidikan berupa kesejahteraan tutor (financial dan non financial) untuk meningkatkan kinerja tutor Paket C di PKBM Kartini (3) Fungsi kinerja tutor untuk meningkatkan prestasi belajar warga belajar Paket C di PKBM Kartini. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memakai sampel total yang sumber datanya diperoleh dari pengelola PKBM Kartini dari hasil pra lapangan jumlah tutor Paket C sebanyak 13 orang dan jumlah warga belajar Paket C sebanyak 123 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Biaya yang dikeluarkan warga belajar berfungsi untuk membiayai masukan pendidikan guna meningkatkan prestasi belajarnya (2) Biaya yang dikeluarkan pemerintah dan PKBM berfungsi untuk membiayai masukan pendidikan guna meningkatkan kinerja tutor Paket C di PKBM Kartini (3) Kinerja tutor berfungsi untuk peningkatan prestasi belajar warga belajar. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan adalah (1) Untuk warga belajar hendaknya menyadari bahwa biaya yang dikeluarkan akan kembali pada diri masing-masing berupa prestasi belajar (2) Untuk pengelola pendidikan hendaknya memperhatikan kesejahteraan tutor sebagai upaya peningkatan kinerja tutor (3) Untuk kalangan akademis sekiranya untuk meneliti lebih jauh lagi penelitian ini guna mengembangkan dan mengkaji lebih dalam tentang dampak-dampak yang ditimbulkan dari besarnya pendidikan formal maupun non formal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4747

Actions (login required)

View Item View Item