Persepsi warga belajar mengenai kegiatan pelatihan (studi kasus pada pelatihan fasilitator kelurahan P2KP Wilayah Jatim) / Indria Ika Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi warga belajar mengenai kegiatan pelatihan (studi kasus pada pelatihan fasilitator kelurahan P2KP Wilayah Jatim) / Indria Ika Kurniasari

Indria Ika Kurniasari (2009) Persepsi warga belajar mengenai kegiatan pelatihan (studi kasus pada pelatihan fasilitator kelurahan P2KP Wilayah Jatim) / Indria Ika Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelatihan adalah bagian dari pendidikan yang menyangkut proses belajar untuk memperoleh dan meningkatkan ketrampilan di luar sistem pendidikan yang berlaku dalam waktu yang relatif singkat dan dengan metode yang lebih mengutamakan praktek daripada teori. Pelatihan fasilitator kelurahan merupakam pelatihan yang diselenggarakan guna menciptakan individu yang berpotensi sebagai tenaga pengembangan masyarakat yang terjun dalam mengelola masyarakat. Pelatihan ini menggunakan pendekatan andragogi yang merupakan teknik baru dalam kaedah pembelajaran dimana pada proses pembelajaran ini kegiatan pelatihan akan menggunakan fungsi fungsi baru dalam peningkatan kesadaran penambahan pengalaman dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi warga belajar mengenai kegiatan pelatihan dan manfaat yang dirasakan terhadap diri warga belajar dengan studi kasus pada pelatihan fasilitator kelurahan P2KP Wilayah Jatim. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus.Metode penggalian data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah persepsi warga belajar mengenai kegiatan pelatihan yang meliputi (1)Warga belajar menyukai pelatihan yang bersifat partisipatif dimana warga belajarnya aktif dilibatkan dalam sertiap proses pembelajarannya ini merupakan prinsip dari pembelajaran andragogi dimana kegiatan belajar berasal dari pengalaman warga belajar itu sendiri (2) Arah pembelajaran mengarah kepada pendidikan kritis yang mana proses pembelajarannya menempatkan warga belajar sebagai sumber utama dari proses pembelajarannya (3) Komunikasi dua arah yang terjalin baik antara trainer dan warga belajarnya menjadikan pelatihan ini menyenangkan (4) Pelatihan ini membawa dampak terhadap pesertanya yakni menciptakan tenaga pengembang masyarakat khususnya di bidang fasilitator (5) Dalam hal penyelenggaraan pelatihan. panitia telah mempersiapkan penyelengaraan pelatihan ini dengan baik dari segi fasilitas maupun pada proses pembelajarannya. sedangkan manfaat yang dirasakan terhadap diri warga belajar meliputi aspek kognitif yang ditekankan pada penambahan pengetahuan aspek moral yang ditekankan pada tanggung jawab moral warga belajar serta aspek psikologis yang dirasakan oleh warga belajar itu sendiri. Dari hasil penelitian ini saran saran yang diajukan yaitu (1) Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelatihan diharapkan para panitia dapat meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan keseluruhan proses pelatihan. (2) Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini warga belajar dapat menerapkan ilmu yang didapat tidak hanya penguasaan teori melainkan juga pengaplikasiannya di lapangan nantinya. (3) Hendaknya pada kegiatan pelatihan yang akan datang dapat menerapkan proses pembelajaran andragogi dengan lebih baik lagi. (4) Bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan metode dan fokus yang lain sehingga dapat secara berkelanjutan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pengembangan kegiatan Pendidikan Luar Sekolah di masyarakat khususnya kegiatan pelatihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4743

Actions (login required)

View Item View Item