Permainan edukatif yang digunakan di kelompok bermain "Permata Iman" Malang / Yulia Ainur Rodliyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Permainan edukatif yang digunakan di kelompok bermain "Permata Iman" Malang / Yulia Ainur Rodliyah

Yulia Ainur Rodliyah (2007) Permainan edukatif yang digunakan di kelompok bermain "Permata Iman" Malang / Yulia Ainur Rodliyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rodliyah Yulia Ainur. 2007. Permainan Edukatif Yang Digunakan Di Kelompok Bermain Permata Iman Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Umi Dayati M.Pd. Pembimbing (II) Drs. Kentar Budhojo M.Pd Kata kunci Permainan Edukatif Kelompok Bermain Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan jenis permainan yang digunakan oleh anak prasekolah di kelompok bermain Permata Iman menjelaskan cara menggunakan permainan di kelompok bermain Permata Iman dan alasan permainan edukatif digunakan di kelompok bermain Permata Iman. Lokasi penelitian yang dipilih adalah kelompok bermain Permata Iman Malang. Pemilihan lokasi ini berdasarkan atas lembaga pendidikan yang cukup mapan baik dilihat dari sistem dan metode yang diterapkan dengan pengintegrasian kurikulum kelompok bermain sebagai nafas islami jumlah dan jenis alat permainan yang digunakan beragam serta proses belajar mengajarnya di ruang bermain (in door dan out door). Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan Kualitatif dengan rancangan penelitian Deskriptif. Metode yang dipakai peneliti adalah metode observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2007. Hasil penelitian ini menunjukkan jenis permainan yang digunakan dikelompok bermain Permata Iman dikelompokkan menjadi 3 jenis permainan yaitu (a) Permainan kreativitas guru (b) Permainan modern (buatan pabrik) dan (c) permainan tradisional. Tidak hanya sebatas permainan diatas tetapi juga dikembangkan jenis permainan lain yang digunakan pada proses belajar seperti (1) Permainan kompertisi atau lomba (2) Bermain terpimpin (3) Bermain peran (4) Bermain eksperimen dan (5) Permainan kemampuan berhitung. Jenis permainan ini dapat dilakukan secara individu maupun kelompok dan juga mengikutsertakan anggota-anggota tubuh anak untuk bergerak secara aktif sehingga anak dapat meningkatkan keterampilan aspek fisik motorik kognitif moral dan nilai agama perilaku sosial emosional dan kemandirian serta seni. Cara menggunakan permainan edukatif di kelompok bermain Permata Iman tidak hanya langsung menggunakan permainan yang ada tetapi disesuaikan dengan pemilihan permainan edukatif dan batas usia serta respon yang diberikan anak. Untuk usia 2-3 tahun permainan edukatif yang diberikan lebih mudah dan sederhana dapat dicontohkan permainan puzzle dengan potongan 2-5 keping Sedangkan untuk usia 3-4 tahun permainan edukatif yang diberikan sederhana tetapi tingkat kerumitannya ditambah contohnya permainan puzzle dengan potongan 5-10 keping. Alasan permainan edukatif digunakan di Kelompok Bermain Permata Iman adalah permainan yang digunakan merupakan permainan yang dapat memenuhi beberapa aspek yaitu aspek fisik motorik aspek kognitif aspek moral dan nilai agama perilaku sosial emosional dan kemandirian serta aspek seni. Tujuan dari permainan edukatif digunakan di kelompok bermain Permata Iman selain untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak dalam belajar juga mengembangkan aspek fisik motorik kognitif moral dan nilai agama perilaku sosial emosional dan kemandirian serta seni. Selain itu juga menerapkan permainan yang bersifat kompetisi eksprimen berperan terpimpin dan kemampuan berhitung sebagai dasar pengenalan tentang lingkungan sekitar mereka sebagai pengantar untuk masuk ke sekolah Taman Kanak-kanak. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Lembaga PAUD untuk lebih selektif dalam memilih jenis-jenis permainan edukatif bagi anak usia prasekolah dan juga perlu mengembangkan alat-alat permainan yang ada menjadi lebih inovatif dan kreatif untuk mendukung kegiatan belajar anak (2) sebagai tambahan informasi dan keilmuan dibidang PAUD dan dapat dijadikan acuan pengembangan kurikulum program dalam permainan edukatif khusus PAUD (3) dari hasil penelitian ini dapat dilakukan penelitian lebih lanjut tentang PAUD terutama tentang pengaruh permainan tertentu bagi perkembangan anak usia prasekolah baik perkembangan secara fisik maupun secara psikologis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4741

Actions (login required)

View Item View Item