Kusdonova, Emilia (2014) Pengembangan video pembelajaran pembuatan produk olahan hasil ternak "susu dan daging" pada mata pel;ajaran teknologi pasca panen untuk siswa kelas XI SMK PP Wiyata Bakti Sengkaling / Emilia Kusdonova. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kusdonova Emilia. 2014. Pengembangan Video Pembelajaran Pembuatan Produk Olahan Hasil Ternak Susu dan Daging pada Mata Pelajaran Teknologi Pasca Panen untuk Siswa Kelas XI SMK PP Wiyata Bakti Sengkaling. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Dr.Agus Wedi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Video Pembelajaran Pengolahan hasil ternak susu dan daging 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan di SMK PP Wiyata Bakti Sengkaling pada mata pelajaran Teknologi Pasca Panen (TPP) dengan materi pengolahan hasil ternak susu dan daging. Latar belakang penulis memilih topik ini dikarenakan dalam pembelajaran TPP hanya memanfaatkan media teks book dan presentasi yang mana media teks book dan presentasi hanya mampu menyampaikan informasi dan materi secara abstrak. Siswa hanya mampu mengetahui kata-kata tanpa mengerti makna yang dimiliki kata tersebut . Sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami dan mengingat materi apalagi pada saat kegiatan praktikum. Banyak peserta didik yang gagal dan hasil belajarnya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu dalam pembelajaran TPP perlu dilakukan inovasi dalam penggunaan dan pemanfaatan media. Media Video merupakan media yang tepat dimanfaatkan dalam pembelajaran karena media video mengandung unsur gerak yang sesuai untuk mata pelajaran produktif dan mampu memvisualisasikan materi dengan jelas kepada peserta didik. Sehingga proses pengolahan hasil ternak dapat diperhatikan dengan baik oleh peserta didik. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan media video pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan media oleh Sadiman. Adapun langkah-langkah pengembangan media video pembelajaran ini yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) analisis tujuan pembelajaran (3) pengembangan materi pembelajaran (4) mengembangkan alat evaluasi (5) penulisan naskah media (6) produksi (7) menyusun petunjuk pemanfaatan (8) validasi (9) Uji coba lapangan (10) revisi. Media video ini juga telah dilakukan perbaikan dalam kualitas gambar atau format video dan pengurangan slide materi yang terlalu panjang. Perbaikan ini dilakukan berdasarkan hasil validasi yang telah diperoleh dari ahli media dan ahli materi. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengembangan video pembelajaran ini dinyatakan valid. Dengan hasil perhitungan Pertama media video ini divalidasi oleh ahli materi yaitu guru Teknologi Pasca Panen sebesar 93 3% dan yang kedua oleh ahli media yaitu Dosen TEP UM sebesar 90% yang ketiga dilakukan uji coba kepada peserta didik yaitu uji coba audiens perseorangan dengan hasil 91 6% uji coba kelompok kecil dengan hasil 93 6% dan uji coba klasikal dengan hasil 88 7%. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah media video pembelajaran yang dikembangkan termasuk valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Teknologi Pasca Panen di SMK PP Wiyata Bakti Sengkaling. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/474 |
Actions (login required)
View Item |