Program kembali ke surau: kasus pendidikan luar sekolah di Nagari Muara Panas Solok Sumatera Barat / Husnul Khalqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Program kembali ke surau: kasus pendidikan luar sekolah di Nagari Muara Panas Solok Sumatera Barat / Husnul Khalqi

Husnul Khalqi (2009) Program kembali ke surau: kasus pendidikan luar sekolah di Nagari Muara Panas Solok Sumatera Barat / Husnul Khalqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu metode pemerintahan Indonesia dalam mengatasi masalah pendidikan adalan penegasan tentang keberadaan Pendidikan Luar Sekolah terkait dengan permasalahan pendidikan dalam bidang relevansi pemerataan efisiensi dan kualitas pendidikan. Khususnya di Kenegarian Muara Panas Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok kebijakan ini (PLS) dilaksanakan dalam bentuk Program Kembali ke Surau. Hal ini dilakukan selain untuk membudayakan budaya surau juga untuk mengantisipasi perubahan moral baik kurangnya pemahaman terhadap nilai-nilai agama maupun pemahaman terhadap nilai-nilai adat. Perubahan moral tersebut misalnya generasi penerus yang tidak bisa baca tulis Al-Qur an dan kurang adanya sopan santun dalam hubungan bermasyarakat antara yang muda dengan yang tua. Artinya kembali ke surau adalah upaya untuk menyeimbangkan kembali norma adat dan norma agama dalam kehidupan masyarakat. Program ini termuat dalam Program Penyelenggaraan Kembali ke Surau oleh pemerintah daerah Sumatera Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi dan fungsi surau di Kenegarian Muara Panas mengindentifikasi faktor-faktor yang mendorong masyarakat untuk kembali aktif di surau serta menjelaskan sistem pelaksanaan Pendidikan Luar Sekolah di Surau. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif dan bentuk penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi partisipasif dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa yang dipakai adalah reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan ilmu kependidikan khususnya Pendidikan Luar Sekolah yang terkait dengan kegiatan kependidikan luar sekolah di surau. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pertama kondisi dan fungsi surau yang mengalami peralihan yaitu penanaman nilai-nilai agama dan budaya yang pada awalnya dilaksanakan hanya di surau sekarang boleh dilaksanakan di luar surau atau mempunyai bangunan sendiri (TPA/TPQ). Kedua faktor yang mendorong masyarakat untuk kembali aktif di surau adalah kebutuhan akan surau itu sendiri seperti kebutuhan rohaniah serta keinginan untuk mengembalikan falsafah adat basandi syara syara basandi kitabullah atau menyeimbangkan antara norma adat dengan norma agama. Ketiga sistem pelaksanaan PLS di surau dapat dilihat dari program kembali ke surau yang berdasarkan kebutuhan warga belajar bersifat fungisonal mempunyai kelenturan pembelajaran dengan orientasi andragogi serta integratif. Saran dari hasil penelitian ini adalah (a) Penelitian perlu diadakan pendekatan lebih dalam terhadap program kembali ke surau untuk meningkatkan pengalaman praktis serta memperdalam pengetahuan (b) Jurusan PLS perlu dilakukan penelitian lanjut untuk membandingkan antara pendidikan surau dengan pendidikan yang lain dalam ruang lingkup pendidikan luar sekolah (c) Masyarakat perlu adanya dukungan ril terhadap perkembangan sistem pendidikan luar sekolah ditempatnya masing-masing baik dukungan berupa dana pikiran maupun tenaga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4737

Actions (login required)

View Item View Item