Kesesuaian pelaksanaan pelatihan bagi pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan kebutuhan peserta pelatihan di Hotel Pelangi Kota Malang / Lailatul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesesuaian pelaksanaan pelatihan bagi pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan kebutuhan peserta pelatihan di Hotel Pelangi Kota Malang / Lailatul Maghfiroh

Lailatul Maghfiroh (2009) Kesesuaian pelaksanaan pelatihan bagi pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan kebutuhan peserta pelatihan di Hotel Pelangi Kota Malang / Lailatul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelatihan adalah pengajaran dan pemberian pengetahuan kepada seseorang untuk mengembangkan tingkah laku (pengetahuan skill dan sikap) agar mencapai sesuatu yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan pelatihan bagi pendidik pendidikan anak usia dini dengan kebutuhan peserta pelatihan yang diselenggarakan oleh Jurusan PLS UM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah seluruh peserta pelatihan PAUD yang dilaksanakan oleh jurusan Penduidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang yang berjumlah 48 orang dan tekhnik sampelnya menggunakan teknik sampel total dimana sampel yang diambil dari seluruh populasi yang berjumlah 48 orang Tekhnik pengumpulan datanya menggunakan angket dimana angket ini digunakan sebagai data primer dan angket yang tersebar dari populasi responeden berjumlah 48 orang hanya terkumpul 45 orang. Selain angket peneliti juga menggunakan metode observasi dan dokumentasi dimana metode ini digunakan sebagai data sekunder atau pelengkap dari data yang sudah ada dalam pengumpulan data melalui angket .Analisis datanya mernggunakan analisa non statistik dalam bentuk prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 45 orang peserta pelatihan menyatakan sesuai dengan pelaksanaan pelatihan PAUD yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Luar Sekolah hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator sebagai berikut 1) Tujuan pelatihan ini cukup sesuai (49%) dengan peserta pelatihan karena mereka akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat tentang perkembangan pendidikan anak usia dini (2) Sarana prasarana yang disediakan oleh panitia memadai (53%) dan sesuai bagi peserta pelatihan karena pelayanan baik dari hotel maupuin dari panitia sangat terjamin (3) Fasilitas pendukung yang diberikan juga sesuai (58%) dengan peserta pelatihan (4) Waktu pelaksanaan pelatihan ini juga cukup sesuai (42%) dengan peserta pelatihan (5) Selain waktu pelatihan tempat pelatihan sesuai (56%) dengan peserta pelatihan (6) penyusunan jadwal pelatihan juga sesuai (53%) dengan peserta pelatihan karena sesuai dengan struktur materi yang telah ditentukan (7) Materi pelatihan yang diberikan juga sesuai (74%) dengan tujuan dan kebutuhan dari peserta pelatihan ini dan materi juga sesuai (71%) dengan kebutuhan peserta pelatihan (8) Pelatih dalam menyampaikan materi mudah dipahami (65%) oleh peserta pelatihan dan waktu penyampaian materi sesuai (58%) serta peranan pelatih dalam pelatihan PAUD ini juga sangat membantu (53%) dan sesuai dengan peserta pelatihan dalam mendapatkan pengetahuian dan wawasan yang bermanfaat bagi mereka (9) Metode yang digunakan oleh pelatih juga sesuai dengan materi yang disampaikan (71%) dan tingkat pemahaman peserta dengan metode yang digunakan (62%) sesuai dengan kebutuhan peserta pelatihan (10) Media pelatihan yang digunakan oleh pelatih juga sangat lengkap (47%) dan media yang digunakan sesuai (56%) sehingga dapat membantu peserta dalam memahami materi yang diberikan. (11) Sikap panitia pelatihan ini juga sangat baik (62%) kepada peserta pelatihan karena hubungan peserta dengan panitia terjalin baik dan akrab (12) Pelatihan ini juga memberikan manfaat bagi peserta pelatihan dan mereka merasa puas (53%) dan sesuai dengan hasil yang mereka peroleh dalam pelatihan PAUD ini. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi panitia atau penyelenggara pelatihan dapat meningkatkan sarana prasarana fasiltas pendukung dan media yang disediakan dalam pelatihan serta dapat mengembangkan materi pelatihan ini lebih beragam lagi. Selain itu bagi pelatih diharapkan dapat mengembangkan metode-metode yang digunakan lebih bervariasi dan beragam lagi. Bagi peserta pelatihan dapat lebih berperan aktif sehingga hasil yang mereka dapatkan dalam pelatihan ini dapat dikembangkan dengan baik dalam pembelajaran ke anak nantinya bagi peneliti lain diharapkan dapat melakukan metode penelitian lain yang dimana dalam penelitian tentang pelaksanaan pelatihan ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif maka penelitian lain dapat menoggunakan metode deskriptif kualitatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4736

Actions (login required)

View Item View Item