Profil pengalaman belajar pendamping anjal : kasus program pengembangan kesehatan dan nutrisi lembaga paramitra Jawa Timur / oleh Masduki Khasan - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pengalaman belajar pendamping anjal : kasus program pengembangan kesehatan dan nutrisi lembaga paramitra Jawa Timur / oleh Masduki Khasan

Khasan, Masduki (2006) Profil pengalaman belajar pendamping anjal : kasus program pengembangan kesehatan dan nutrisi lembaga paramitra Jawa Timur / oleh Masduki Khasan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagaai kibat krisis moneterd ane konomis ertab erbagaki ondisim asyarakast aat ini perkembanganm asalaha njal secarak uantitatif maupun kualitatif semakin memprihatinkanT.i dak bisa kita pungkirib ahwam erekaa dalahb agiand ari generasi penerusb angsay angn antinyaa kanm eneruskagne nelasyi ang adap adas aati ni . Kalau permasalahany ang mereka hadapi tidak ditangani secara serius maka akan menyebabkagne nerasyi ang akand atanga kanm enjadil ooseg eneratinn( generasyi ang frustasi) atau hilangnya generasi muda yang cerdas produktif dan berkualitas dikarenakan tidak terpenuhinya kebutuhan dasar mercka. Kondisi ini cukup memprihatinkan apalagiu ntuk membangunIn donesiak edepan dibutuhkang enerasi yangb erkualitasa garm ampub erbuatb anyakd alamm enghadappi ersaingand ierag lobal sepertsi aati ni. Perhatian terhadap anjal sebagai bagian pembinaan melahirkan bidang pekerjaan (profesi) baru yakni pekerja sosial pendamping anak jalanan tetapi hanya sedikit yang seriusm enekuninyak arenam enganggapnysae bagapi ekerjaans ampingan ataut erdorongo leh motif-motifl ain sepertbi elask asihanc ari pengalamandalanin -lain. Hal ini akan menghambatp erkembanganp endampingana njal sebab masalaha njal meskipunb elumd iakui secaram akro b erbagaai kibatnyate lahd irasakanm asyarakat khususnyma asyarakakt ota. Penilitian ini bertujuanu ntuk mengetahudi an memahamip rofil pengalaman belajarp arap endampinagn jal di RSG Kuntumd ibawahn aunganL rmbagaP aramitra. Pendekatayna ngd igunakand alamp enelitianin i adalahp endekataknu alitatif s edangkan rancangapne nelitiand ikategorikasne bagaria ncangasnt udyk asus. Untuk memperoleh data menggunakatne hnik bola salju dimanad alam penelitiani ni melibatkanp ara pekerja social yang bertugas di RSG kunlum yang bertindak sebapi pihak yang mengetahusi eluk bcluk pembcrdayaaann jal. Adapun tehnik pengumpuland ata yang digunakana dalaho bservasi wawancara dan dokumentasdi enganm enggunakan analisisd au yaitur eduksdi ata displayd ata danp engambilakne simpulanT. riangulasi digunakaunn tukm enilaik eabsahadna ta. Hasilp enelitianm enunjukkabna hwap ekerjas ocialy angb ertugads i RSGk untunr mendapatkabne rbagami acarnp engalamanb elajars eperti Memiliki semangatti dak pantangm enyerahd alam menghadapbi erbagaik esulian hidup. Mau menghargai pertolongayna ngd iberikano leho rangl ain Mampum emanfatkasne tiapp eluangu ntuk terusb elajar Lrbih giat beribadahk epadaT uhanb aik dalam keadaans ukam aupun duka Memiliki kesadaraank an pentingnyap cndidikan kasihs anyangd an perhatian padak cluargak hususnypaa daa nak. Pekerlas osialt elahm elaksanakatnu gas-tugasnysac suaid engant untutanp rofesinya sebagapre kerjas osialp endampinga njal. Pengalamanb elajart ersebutm erekag unakan untuks elalum engembangkapne mberdayaaann jal yang efektif dan efisien di masay ang akan datang Latarbelakankge luarga p cndidikand an organisasyi ang pemahd iikuti olah pekerja socialm ampum emperkayap endekatana tau metodep emberdayaana njal yang mereka lakukans ehinggap emberdayaany ang efektifdan efisien dapat tercapaid enganb aik. Berkaitan dengan upaya untuk mengaktualisasikan dirinya terdapat dua alasan pentingd alamd iri pekerjas osialu ntuk memenuhik ebutuhante rsebut Pertama alasan untukm enampilkank emampuand iri berkaitane rat denganu payap ekeryas osial untuk menunjukkan kematangan diri di dalam memanfaatkan dan mengembangkan sumbersumbcry angt erdapatd ilingkunagns osialnya.D engana danyad orongani ni peksost idak akan berpikir dan bertindak pasif terhadap segala yang akan terjadi disekelilingnya melainkan pekerja sosial akan berusaha dengan ak tif dan dinamis daram mendayagunakanp otensi-potensi yang terdapat dalam lingkungan sosialnya. para pekeqa sosial merasa dan menyadari bahwa ia memiliki kemampuan diri sehingga pekerja sosial akan selalu percaya diri memperluas pengetahuan pandai mengambir manfaat dari pengalaman yang berhasil maupun yang gagal dan berpikir serta bertindak inovatif dalam melakukan pernberdayaan anjal. Bagi pekerja sosial profesi tersebut merupakan wahana untuk menampilkan kemampuan diri dalam mengubah dan mendayagunakapno tensi-potensdi iri dan Ii n gkungannya. Alasan kedua para pekerja sosial melakukan proses pemberdayaan anjal adarah cidorong oleh alasan berprestasi. Alasan ini berkaitan erat dengan kesungguhan upaya yang dilakukan oleh para pckerja sosial untuk mencapai hasil pemberdayaan yang efektif lan efisien. Peke a sosial professional yang memiliki alasan berprestasi tid k akan llenunggun asib yang akan tiba kepadanyam elainkani a akan selalu berusahad engan ungguh-sungguhu l et dan tidak putusa sad alam mencaria taum enciptakank esempatan )aru yang lcbih baik. Alasan ini mendorong pekerja sosial untuk selalu mencari rlternativcy ang lebih baik dalam melaksanakant ugas maupun dalam memecahkan rcrmasalahayna ng berkaitand enganp rosesp emberdayaana njal. Disampingi tu alasan ersebut dapat mempengaruhi cara pekefa sosial berorganisasi dengan baik dalam rehidupan bermasyarakat. t ebih jauh dapat dikemukakan bahwa dorongan yang rcrkaitand enganu payau ntuk memenuhik ebutuhana ktualisasdi iri tersebutd apatd ibina lan dikembangkanm elaluip endidikan k hususnyap endidikanl uar sekorah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2006 04:29
Last Modified: 09 Sep 2006 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4731

Actions (login required)

View Item View Item