Pengembangan pembelajaran blended learning pada mata kuliah pengantar pendidikan di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universita Negeri Malang / Anang Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran blended learning pada mata kuliah pengantar pendidikan di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universita Negeri Malang / Anang Nugroho

Nugroho, Anang (2014) Pengembangan pembelajaran blended learning pada mata kuliah pengantar pendidikan di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universita Negeri Malang / Anang Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nugroho Anang. 2014. Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Di Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Zainul Abidin M.Pd (II) Arafah Husna S.Pd. M.Med.Kom. Kata Kunci Pengembangan Pembelajaran Blended learning Pengantar Pendidikan 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan wawancara yang dilakukan pengembang kepada dosen yang mengampu mata kuliah Pengantar Pendidikan dan mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang di peroleh asumsi yaitu apabila hanya menggunakan pembelajaran tatap muka maka mahasiswa kurang semangat belajar dan kurang motivasi untuk belajar. Hal itu terbukti dari ketidak seriusan mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran secara tatap muka mahasiswa ada yang tidur dan bicara sendiri saat proses pembelajaran berlangsung. Apabila dilakukan proses pembelajaran secara online (e-learning) saja maka keberhasilan pembelajaran akan tergantung pada kemandirian dan motivasi mahasiswa disamping itu perlu adanya panduan bagi mahasiswa untuk mencari informasi yang relevan karena informasi yang ada sangat beragam. Dari kedua masalah tersebut sehingga digabungkanlah kedua pembelajaran menjadi satu yang disering disebut dengan istilah pembelajaran blended learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan pembelajaran blended learning yang valid dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran blended learning pada mata kuliah Pengantar Pendidikan di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan sistem pembelajaran Dick and Carey (2009) Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut antara lain (1) Identifikasi Tujuan Pembelajaran (2) Analisis Instruksional (3) Analisis Peserta Didik dan Konteks Pembelajaran (4) Merumuskan Tujuan Pembelajaran (5) Mengembangkan Instrumen (6) Mengembangkan Strategi Pembelajaran (7) Mengembangkan dan Memilih Bahan Ajar (8)Merancang Produk dan Melakukan Evaluasi Formatif (9) melakukan revisi (10) Melakukan revisi sumatif. Subyek uji coba adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Validator terdiri dari satu orang ahli materi dan dua orang ahli media. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang diberikan kepada ahli materi ahli media dan mahasiswa. 12288 12288 12288 12288 Validasi pembelajaran blended learning pada mata kuliah Pengantar Pendidikan menunjukkan hasil uji ahli materi 91 89% dan memenuhi kriteria valid hasil uji ahli media 89 43% dan memenuhi kriteria valid hasil uji coba perseorangan 91 25% dan memenuhi kriteria valid hasil uji coba kelompok kecil 92 66% memenuhi kriteria valid dan hasil uji coba lapangan terhadap audien mahasiswa 86 09% dan memenuhi kriteria valid. Dari tes hasil belajar melalui pre tes dan post test pada uji coba perseorangan terjadi peningkatan hasil belajar dengan persentase 35% dengan rincian pada post test persentase mahasiswa yang memenuhi SKM 100%. Pada uji coba kelompok terjadi peningkatan 28% dengan rincian pada post test persentase mahasiswa yang memenuhi SKM 100%. Pada uji coba lapangan terjadi peningkatan 27 80% dengan rincian pada post test persentase mahasiswa yang memenuhi SKM 83% dan yang belum memenuhi 17%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran blended learning pada mata kuliah Pengantar Pendidikan layak dan efektif untuk digunakan. Berdasarkan penelitian tentang pengembangan pembelajaran blended learning pada mata kuliah pengantar Pendidikan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ini layak dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Adapun saran yang diperoleh pada saat penelitian yaitu fitur chat pada media online berbasis web perlu diperbaiki dan media online berbasis web perlu ditambahkan fitur seperti video conference game edukasi dan lainnya yang dapat dikembangkan sehingga mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item