Dini Gita (2016) Hubungan penggunaan media jejaring sosial dengan prestasi belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Dini Gita Setyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setyaningrum Dini Gita. 2016. Hubungan Penggunaan Media Jejaring Sosial dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sultoni M.Pd (II) Prof. Dr. H. Huda AY. M.Pd. Kata Kunci penggunaan media jejaring sosial prestasi belajar Penggunaan media jejaring sosial sebagai tempat dan cara berinteraksi sosial serta sumber informasi di Indonesia memang sangat tinggi dari banyaknya orang yang telah memiliki akun di beberapa media jejaring sosial khususnya mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Media jejaring sosial juga dapat dijadikan media alternatif yang tepat untuk belajar. Di sisi lain saat ini penggunaan media jejaring sosial oleh mahasiswa dirasa hanya sekedar untuk mengikuti trend di lingkungannya dan dirasa juga mempengaruhi prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media jejaring sosial mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (2) mendeskripsikan prestasi belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dan (3) mendeskripsikan ada tidaknya hubungan penggunaan media jejaring sosial dengan prestasi belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskripsi korasional dengan model korelasional dwivariat (X 8594 Y). Penelitian ini mengungkap dua macam kelompok variabel sebagai dasar acuan penelitian. Kelompok pertama variabel bebas (X) adalah penggunaan media jejaring sosial dengan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 3689 mahasiswa kemudian pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dan menggunakan rumus Slovin diperoleh hasil sampling sejumlah 361 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket tertutup. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif (menentukan kualifikasi rata-rata dan persentase) dan analisi korelasi dengan menggunakan rumus Product Moment Pearson untuk mengetahui dan membuktikan ada tidaknya hubungan yang signifikan serta besarnya korelasi antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) tingkat penggunaan media jejaring sosial mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dalam kategori tinggi (2) tingkat prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dalam kategori sangat tinggi dan (3) ada hubungan antara penggunaan media jejaring sosial dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah kepada (1) bagi Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan dalam pengembangan akademik dengan membuat regulasi tentang penggunaan media jejaring sosial sebagai alternatif media belajar untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam pengembangan kurikulum yang akan datang. Selain itu juga meningkatkan fasilitas jaringan wi-fi dengan kecepatan tinggi di area fakultas secara optimal (2) bagi Ketua Jurusan di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan untuk meningkatkan fasilitas akses internet yang optimal di lingkungan jurusan khususnya di laboratorium jurusan agar tujuan peningkatan penggunaan media jejaring sosial sebagai media alternatif belajar dapat terwujud dengan baik dan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa (3) bagi Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang diharapkan penelitian ini dapat dijadikan bahan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa untuk menggunakan media jejaring sosial yang telah ada dalam kegiatan belajar-mengajar sebagai alternatif dalam pembelajaran dan memberikan inovasi metode mengajar di kelas pada matakuliah yang sedang diajarkan dengan memberikan tugas atau mencoba bertatap muka di dunia maya sehingga mahasiswa tidak merasa bosan dengan pembelajaran bertatap muka langsung di kelas (4) bagi mahasiswaFakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang diharapkan penelitian ini yang mengenai penggunaan media jejarang sosial sebagai alternatif media belajar dan mampu menciptakan cara belajar aktif dengan cara menggunakan media jejaring sosial yang dimiliki bisa berfungsi dengan baik dan dimanfaatkan sebagai alternatif media belajar untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dan (5) bagi peneliti lain hendaknya dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan meneliti objek penelitian lainnya dengan variabel misalnya dari sisi perbedaan prestasi belajar antara yang pakai dan tidak pakai media jejaring sosial dan dampak negatif penggunaan media jejaring sosial serta lokasi penelitian yang berbeda. Selain itu juga penelitian lain diharapkan dapat meneliti beberapa teknik yang tidak diungkap dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |