Kusumadyahdewi, Kusumadyahdewi and Lestari, Yona Octiani (2023) Pengembangan e-modul akuntansi berbasis pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan keuangan pribadi. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 58-63.
Text
view_usp=drive_link Download (85kB) |
Abstract
Akuntansi merupakan ilmu yang ditujukan untuk keuangan perusahaan, namun pada dasarnya mahasiswa dapat mengaitkannya untuk perencanaan keuangan pribadi. Penelitian ini untuk mengembangkan materi akuntansi dikaitkan dengan praktek mahasiswa mencatat keuangan pribadinya. Penelitian ini menggunakan metode Reseaarch and Development model ADDIE. Responden penelitian terdiri dari 36 mahasiswa Program Studi PIPS FITK UIN Malang, ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Instrument yang digunakan untuk mengambil data dari responden adalah kuesioner dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa e-modul efektif untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa. Validasi dari ahli media menunjukkan e-modul sangat layak digunakan mengajar (96,68%), demikian juga ahli materi (92,81%) dan ahli bahasa (84,7%). Hasil dari tes kemampuan mahasiswa dalam merencanakan keuangan pribadi menunjukkan skor kelompok eksperimen yang diajar menggunakan e-modul tersebut secara signifikan lebih tinggi daripada skor kelompok kontrol. Kata kunci: e-modul akuntansi, pembelajaran kontekstual, perencanaan keuangan pribadi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Proceedings |
Depositing User: | LPPM UM |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 06:39 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 06:39 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4723 |
Actions (login required)
View Item |