Pengembangan e-modul akuntansi berbasis pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan keuangan pribadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul akuntansi berbasis pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan keuangan pribadi

Kusumadyahdewi, Kusumadyahdewi and Lestari, Yona Octiani (2023) Pengembangan e-modul akuntansi berbasis pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan keuangan pribadi. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 58-63.

[img] Text
view_usp=drive_link

Download (85kB)

Abstract

Akuntansi merupakan ilmu yang ditujukan untuk keuangan perusahaan, namun pada dasarnya mahasiswa dapat mengaitkannya untuk perencanaan keuangan pribadi. Penelitian ini untuk mengembangkan materi akuntansi dikaitkan dengan praktek mahasiswa mencatat keuangan pribadinya. Penelitian ini menggunakan metode Reseaarch and Development model ADDIE. Responden penelitian terdiri dari 36 mahasiswa Program Studi PIPS FITK UIN Malang, ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Instrument yang digunakan untuk mengambil data dari responden adalah kuesioner dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa e-modul efektif untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa. Validasi dari ahli media menunjukkan e-modul sangat layak digunakan mengajar (96,68%), demikian juga ahli materi (92,81%) dan ahli bahasa (84,7%). Hasil dari tes kemampuan mahasiswa dalam merencanakan keuangan pribadi menunjukkan skor kelompok eksperimen yang diajar menggunakan e-modul tersebut secara signifikan lebih tinggi daripada skor kelompok kontrol. Kata kunci: e-modul akuntansi, pembelajaran kontekstual, perencanaan keuangan pribadi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Proceedings
Depositing User: LPPM UM
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:39
Last Modified: 29 Nov 2023 06:39
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4723

Actions (login required)

View Item View Item