Widasworo, Anggraeni (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran tata surya kelas VI semester 2 tahun ajaran 2013/2014 di SDN Polehan 4 Kota Malang / Anggraeni Widasworo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Widasworo Anggraeni. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tata Surya Kelas VI Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014 di SDN Polehan Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Agus Wedi M. Pd Kata Kunci Pengembangan Multimedia IPA. Multimedia pembelajaran merupakan kombinasi dua unsur media atau lebih seperti teks audio animasi dan video yang dalam penggunaannya dapat dikontrol secara interaktif guna mencapai tujuan pembelajaran. Multimedia pembelajaran dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dengan berbagai macam gaya belajar untuk memahami materi. Dari hasil wawancara dan observasi awal di SDN Polehan 4 Kota Malang diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas VI mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan Tata Surya masih di awah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia yang layak digunakan dan menguji keefektifitasannya pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Tata Surya kelas VI semester 2 di SDN Polehan 4 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall langkah-langkah pengembangan ini adalah studi pendahuluan merencanakan penelitian pengembangan desain uji lapangan terbatas revisi hasil uji lapangan terbatas uji lapangan lebih luas dan uji laangan luas. Subyek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas VI SDN Polehan 4 Kota Malang. Multimedia pembelajaran ini telah divalidasikan pada ahli media (78 75%) dan ahli materi (71 25%) serta telah direvisi dengan menambahkan gambar dan petunjuk pemfaatan dibuat lebih menarik dan praktis. Hasil penyempurnaan multimedia ini diujikan pada siswa untuk melihat kemudahan dalam penggunaannya dan memperoleh hasil (88 43%). Selain itu untuk tes hasil belajar perorangan (100%) memenuhi KKM kelompok kecil (75%) memenuhi KKM dan uji lapangan (100%) memenuhi KKM. Dengan demikian multimedia ini bisa dikatakan cukup valid/layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran Multimedia pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terutama untuk materi tata surya. Dalam pengembangannya materi harus disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku agar dapat digunakan dalam jangka panjang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/472 |
Actions (login required)
View Item |