Inovasi pembelajaran: exploring arcademics digital games untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar - Repositori Universitas Negeri Malang

Inovasi pembelajaran: exploring arcademics digital games untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar

Rifqi, Ahmad Hisyam and Predina, Sherin Shintya and Rusdianto, Rusdianto (2023) Inovasi pembelajaran: exploring arcademics digital games untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 161-169.

[img] Text
view_usp=drive_link

Download (84kB)

Abstract

Literasi dan numerasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa sekolah dasar untuk menunjang kemampuan dalam pendidikan. Literasi dan numerasi adalah dasar bentuk berpikir kritis, sehingga literasi dan numerasi menjadi kunci untuk menghadapi permasalahan dan tantangan abad-21. Arcademics Digital Games merupakan platform yang memadukan arkade dengan konten akademik untuk menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui pengimplementasian inovasi pembelajaran dengan Arcademics Digital Games. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian meliputi guru, dan siswa. Hasil implementasi menunjukkan bahwa penggunaan Arcademics Games Digital dapat memberi dampak positif terhadap literasi dan numerasi siswa SDN 2 Ringintelu Banyuwangi. Studi ini menyimpulkan bahwa penggunaan game digital dapat menjadi cara yang menarik dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Kata kunci: literasi; numerasi; arcademics; game digital

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Proceedings
Depositing User: LPPM UM
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:26
Last Modified: 12 Feb 2024 07:30
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4702

Actions (login required)

View Item View Item