Efektivitas pemanfaatan model animasi pembelajaran dalam penguasaan vocabulary untuk siswa kelas IV semester II SDN Bajang 01 Kabupaten Blitar / Ferry Dwi Sulistiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pemanfaatan model animasi pembelajaran dalam penguasaan vocabulary untuk siswa kelas IV semester II SDN Bajang 01 Kabupaten Blitar / Ferry Dwi Sulistiyono

Sulistiyono, Ferry Dwi (2010) Efektivitas pemanfaatan model animasi pembelajaran dalam penguasaan vocabulary untuk siswa kelas IV semester II SDN Bajang 01 Kabupaten Blitar / Ferry Dwi Sulistiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistiyono Ferry Dwi. 2008. Efektivitas Pemanfaatan Model Animasi Pembelajaran dalam Penguasaan Vocabulary untuk Siswa Kelas IV Semester II SDN Bajang 01 Kab. Blitar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suprihadi Sapotro S.Pd M.Pd (II) Dr. Anastasia Widjajantin M.Pd. Kata kunci efektivitas media VCD pembelajaran vocabulary. Pemanfaatan media VCD pembelajaran di lingkungan akademis atau pendidikan yang berbentuk VCD bukan merupakan hal yang baru. Pemanfaatan media VCD pembelajaran ini sebagai media pendidikan patut diperhitungkan perananannya dalam membantu penyampaian isi pesan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena media VCD ini dapat efektif dan efesien. Sehingga diharapkan dapat terukur secara objektif seberapa efektifkah pemanfaatan media VCD pembelajaran dalam penguasaan vocabulary model animasi ini dan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di kelas. Pengukuran keefektif an menurut Degeng (1989 152) menyebutkan 7 variabel keefektifan pencapaian tujuan pembelajaran yaitu kecermatan penguasaan hasil belajar kecepatan unjuk kerja kesesuaian dengan prosedur kuantitas unjuk kerja kualitas hasil kerja tingkat transfer belajar dan tingkat retensi hasil belajar. Berdasarkan tujuan yang hendak capai penelitian ini yaitu menekankan tujuan pada ingatan (Degeng 1989 170) terhadap penguasaan vocabulary setelah selang waktu tertentu maka peneliti menggunakan salah satu dari ketujuh variabel adalah tingkat retensi hasil belajar. Sehingga tepat sekali bila retensi diukur dengan menggunakan tes yang bersifat mengingat seperti pembelajaran media VCD model animasi ini terhadap penguasaan vocabulary sehingga dapat digunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pemanfaatan model animasi pembelajaran terhadap penguasan vocabulary yang digunakan siswa kelas IV semester II di Sekolah Dasar Negeri Bajang 01 Kab. Blitar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membandingkan hasil tes tes retensi. Dengan demikian penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Rancangan penelitian ini adalah One-shot case study. Penelitian ini hanya mengadakan treatment satu kali. Hipotesis nol (H0) dalam penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi hasil belajar siswa tes retensi ke-1 dengan prestasi hasil belajar siswa tes retensi ke-2 pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV SDN Bajang 01 Kab. Blitar . Untuk menguji hipotesis perbedaan antara hasil belajar tes retensi ke-1 dengan hasil belajar tes retensi ke-2 maka digunakan statistik jenis Paired-Samples T Test dengan bantuan program SPSS 14.0 For Windows. Uji t dilakukan untuk menguji apakah suatu hipotesis diterima atau ditolak. Dari hasil perhitungan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua rata-rata sampel adalah tidak identik secara signifikan karena nilai probabilitas Sig. (2-Tailed) p 0 004 0 05. Dengan demikian hipotesis yang diuji tidak terbukti yakni (H0) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa tes retensi ke-1 dengan hasil belajar siswa tes retensi ke-2 pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV SDN Bajang 01 Kab. Blitar. Dengan demikian pembelajaran dengan media VCD pembelajaran model animasi efektif digunakan oleh siswa dalam penguasaan vocabulary. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru untuk menerapkan pembelajaran menggunakan media VCD pembelajaran salah satu alternatif pembelajaran di kelas. Selain itu bagi lembaga pendidikan disarankan untuk dapat membantu mensosialisasikan pembelajaran dengan menggunakan media VCD pembelajaran dalam pelatihan dan juga menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran dalam upaya menunjang kegiatan proses belajar mengajar. Bagi penelitian lanjutan hendaknya disarankan mengembangkan penelitian ini lebih lanjut menggunakan populasi dan sampel yang lebih luas dan memperhitungkan variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap variabel terikat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item View Item