Pembelajaran seni berbasis diversifikasi bentuk gerabah untuk melestarikan produk budaya tradisi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran seni berbasis diversifikasi bentuk gerabah untuk melestarikan produk budaya tradisi

Wulandari, Sri and Ramadhan, Bayu Gilang and Prihantanto, Yudha (2023) Pembelajaran seni berbasis diversifikasi bentuk gerabah untuk melestarikan produk budaya tradisi. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 97-102.

[img] Text
view_usp=drive_link

Download (85kB)

Abstract

Gerabah dikenal sejak jaman nenek moyang yakni produk seni tradisional yang berbahan dasar lempung atau tanah liat seperti pot, kendi, dan peralatan kebutuhan rumah tangga lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, eksistensi gerabah mulai mengalami penurunan. Kaum urban mulai enggan meneruskan membuat kerajinan gerabah. Hal ini jika terus menerus dibiarkan maka gerabah tradisional akan punah dan hanya tinggal nama. Berangkat dari kegelisahan tersebut peneliti melakukan penelitian di SMA Unggulan Hafsawaty BPPT Genggong Probolinggo dengan melibatkan siswa kelas X dan XI. Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan proses dan hasil dalam praktek pembuatan gerabah. Melalui pengamatan secara langsung dan wawancara kepada beberapa responden, diperoleh temuan yakni siswa mampu mengolah dan membentuk tanah liat menjadi beragam kreasi gerabah dengan fungsi, dimensi/ukuran, dan teknik yang digunakan. Seiring perkembangan jaman, sudah semestinya gerabah dapat bertahan yakni dengan cara mendiversifikasi bentuknya yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan jaman. Pentingnya peran serta guru, siswa, dan para pemangku kebijakan untuk dapat bekerja sama mengenalkan dan melestarikan produk budaya tradisi sejak dini utamanya di lingkup-lingkup pendidikan formal seperti sekolah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Proceedings
Depositing User: LPPM UM
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:42
Last Modified: 29 Nov 2023 07:42
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4695

Actions (login required)

View Item View Item