Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran macam-macam gaya mata pelajaran IPA kelas V semester II tahun pelajaran 2013/2014 SDN Daditunggal Jombang / Mohamad Syofi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran macam-macam gaya mata pelajaran IPA kelas V semester II tahun pelajaran 2013/2014 SDN Daditunggal Jombang / Mohamad Syofi

Syofi, Mohamad (2014) Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran macam-macam gaya mata pelajaran IPA kelas V semester II tahun pelajaran 2013/2014 SDN Daditunggal Jombang / Mohamad Syofi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Syofi Mohamad. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Macam-macam Gaya Kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 SDN Daditunggal Jombang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed. (II) Henry Praherdhiono S.Si. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Gaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V pokok bahasan Macam-macam Gaya di SDN Daditunggal Jombang yang memiliki visi unggul dalam pendidikan agama dan iptek serta belum pernah ada penelitian tentang pengembangan multimedia sebelumnya di SDN Daditunggal. Sebagai mata pelajaran yang wajib sudah selayaknya dalam penyampaian materi Ilmu Pengetahuan Alam perlu menggunakan metode strategi maupun media yang tepat agar tercapai prestasi belajar yang memuaskan. Tujuan dari pengembangan yaitu (1) menghasilkan multimedia interaktif pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi Macam-macam Gaya kelas V SDN Daditunggal Jombang (2) menghasilkan multimedia interaktif pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi Macam-macam Gaya kelas V SDN Daditunggal Jombang yang layak pakai. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee dan Owens langkah-langkah pengembangan ini adalah analisis dan penilaian desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Subyek penelitian dalam vaidasi pengembangan ini adalah siswa kelas V SDN Daditunggal Jombang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari data tes hasil belajar. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari angket tanggapan ahli media ahli materi dan siswa tentang produk yang dihasilkan. Media ini divalidasi oleh ahli media ahli materi serta audiens dan mengetahui pemanfaatan hasil belajar oleh audiens sebanyak 18 siswa. Setelah dianalisis hasil validasi dari pembelajaran ini dinyatakan valid dari ahli media (78 3%) valid data angket ahli materi (76 6%) dan valid data angket siswa (96 6%) hal ini menunjukan bahwa multimedia interaktif pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Pada hasil tes belajar siswa uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 100% dan tes belajar siswa uji coba lapangan memperoleh persentase 100% siswa yang mencapai KKM hal ini menunjukan bahwa multimedia interaktif pembelajaran ini memberikan efek yang positif dalam peningkatan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA pada materi macam-macam gaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item