Dhita, Septian Ratman (2014) Pengembangan video pembelajaran IPA pokok bahasan perpindahan kalor kelas VII di SMP Budi Mulia Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Septian Ratman Dhita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dhita Septian Ratman. 2013. Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA Untuk Siswa Kelas VII Semester I SMP Budi Mulia Pakisaji Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng (II) Henry Praherdhiono S.si. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA Media video merupakan perwujudan dari multimedia pembelajaran karena penyampaiannya mengandung unsur audio visual serta gambar bergerak sehingga dapat menarik minat pengguna. Hal ini didasari oleh asumsi dua-saluran yaitu audio dan visual. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Budi Mulia Pakisaji Malang pada mata pelajaran IPA untuk kelas VII dalam mengajar guru menerapkan metode ceramah dan menggunakan buku. Dengan menggunakan metode tersebut siswa cenderung sulit memahami materi yang diberikan. Tujuan pengembangan media video pembelajaran ini adalah mengahasilkan sebuah video sebagai salah satu alternatife media pembelajaran IPA kelas VII SMP yang efektif dalam pembelajaran. Karakteristik dari media video pembelajaran ini adalah terdapat gambar bergerak dengan penjelasan narator sehingga akan mendorong tingkat keaktifan siswa dalam belajar. Subjek uji coba dalam pengembangan media video pembelajaran ini adalah siswa kelas VII SMP Budi Mulia Pakisaji Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Angket diberikan kepada seorang ahli media seorang ahli materi dan siswa kelas VII SMP Budi Mulia Pakisaji Malang untuk mengukur tingkat kevalidan media yang telah diproduksi. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa terhadap materi yang telah disajikan dilakukan pre-test sebagai evaluasi sebelum menggunakan media dan post-test sebagai evaluasi setelah menggunakan media. Hasil pengembangan media video pembelajaran ini memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi ahli media mencapai tingkat kevalidan 80% ahli materi mencapai tingkat kevalidan 85% dan siswa perseorangan mencapai tingkat kevalidan 89 16%. Sedangkan untuk hasil belajar menunjukkan bahwa terjadi peningkatan belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran ini. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang memenuhi SKM siswa uji coba lapangan dari 50% sebelum menggunakan media video pembelajaran menjadi 86 66% sesudah menggunakan media video pembelajaran. Sehingga media video pembelajaran ini bisa dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/467 |
Actions (login required)
View Item |