Perbedaan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar KKPI kelas XI di SMK Negeri 1 Singosari / Galih Amirul Rohmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar KKPI kelas XI di SMK Negeri 1 Singosari / Galih Amirul Rohmad

Galih Amirul (2011) Perbedaan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar KKPI kelas XI di SMK Negeri 1 Singosari / Galih Amirul Rohmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci STAD Pembelajaran Berbasis Proyek CTL Hasil belajar Berdasarkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran KKPI kelas XI di SMK Negeri 1 Singosari diperoleh informasi bahwa pembelajaran KKPI menggunakan metode CTL (Contextual Teaching Learning) tetapi pada kenyataannya masih banyak menggunakan ceramah dan diskusi konvensional sehingga hasil belajar yang diperoleh sedikit diatas KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan pembelajaran model Student Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran CTL. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dan menggunakan tipe pretest-posttest non-equivalent control group design . Sampel pada penelitian ini adalah kelas kelas XI TGB 2 (26 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TOI 1 (30 siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran berbasis proyek dan CTL. Hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran CTL. Untuk hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata (81 28) lebih tinggi dari kelas kontrol (77 27) dengan selisih sebesar 4 01 poin. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaaan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran CTL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46641

Actions (login required)

View Item View Item