Perbedaan strategi reciprocal teaching pada model pembelajaran problem based learning dengan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar TIK di SMA Negeri 8 Malang / Masbahah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan strategi reciprocal teaching pada model pembelajaran problem based learning dengan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar TIK di SMA Negeri 8 Malang / Masbahah

UNSPECIFIED (2011) Perbedaan strategi reciprocal teaching pada model pembelajaran problem based learning dengan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar TIK di SMA Negeri 8 Malang / Masbahah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Prestasi belajar Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Strategi Reciprocal Teaching metode demonstrasi Strategi Reciprocal Teaching pada model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran TIK merupakan metode pembelajaran inovasi yang dikembangkan di SMA Negeri 8 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Reciprocal Teaching pada model pembelajaran Problem Based Learning dan metode demonstrasi pada kompetensi dasar Membuat dokumen dengan HTML sesuai spesifikasi . Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu. Variabel dalam penelitian ini adalah Prestasi Belajar TIK sebagai variabel terikat sedangkan variabel bebasnya adalah strategi pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 8 Malang semester 1 tahun ajaran 20010/2011 yang berjumlah 323 siswa dengan sampel penelitian kelas kelas XI IA.5 (34 siswa) sebagai kelas kontrol dan kelas XI IA.1 (37 siswa) sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata prestasi belajar siswa yang diajar dengan strategi Reciprocal Teaching pada model pembelajaran Problem Based Learning (85 17) lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan metode demonstrasi (79 50). Dari analisis statistik prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung (6 627) ttabel (1 980). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar TIK yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan strategi Reciprocal Teaching pada model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode demonstrasi pada kompetensi dasar Membuat dokumen dengan HTML sesuai spesifikasi .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46638

Actions (login required)

View Item View Item