Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan metode ceramah bermakna terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan / Anita Nurmayati

Anita (2011) Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan metode ceramah bermakna terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan / Anita Nurmayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization, Web Browser dan Search Engine Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization merupakan salah satu bentuk tipe pembelajaran yang mendorong siswa untuk belajar aktif dan lebih memahami konsep, karena Team Assisted Individualization mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dan invidual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan metode ceramah bermakna dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah bermakna pada mata pelajaran TIK di kelas XI SMA Negeri 1 Purwosari. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan Quasi Experimental Design dengan pemilihan kelompok yang tidak diacak, sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu kelas XI-IA 4 sebagai kelompok eksperimen (kelompok yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization) dan kelas XI-IA 5 sebagai kelompok kontrol (kelompok yang diajar menggunakan metode ceramah bermakna). Instrumen yang digunakan yaitu: instrumen pembelajaran dan instrumen pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS. Analisis statistik kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kemampuan awal siswa dan hasil belajar siswa yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji-t dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan siswa yang diajar dengan metode ceramah bermakna. Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan metode ceramah bermakna. Untuk hasil belajar siswa, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen (84,02) lebih tinggi dari kelas kontrol (80,4) dengan selisih sebesar 3,62 poin. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi "Menggunakan Web Browser untuk Memperoleh, Menyimpan, dan Mencetak Informasi" secara efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46635

Actions (login required)

View Item View Item