Perbedaan penerapan pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan pola pengelompokan tutor sebaya dan ceramah bermakna terhadap prestasi belajar TIK kelas XI semester I SMAN 2 Malang / Fitria Nur Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan pola pengelompokan tutor sebaya dan ceramah bermakna terhadap prestasi belajar TIK kelas XI semester I SMAN 2 Malang / Fitria Nur Hasanah

Fitria Nur (2011) Perbedaan penerapan pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan pola pengelompokan tutor sebaya dan ceramah bermakna terhadap prestasi belajar TIK kelas XI semester I SMAN 2 Malang / Fitria Nur Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Tutor Sebaya Pembelajaran Berbasis Proyek Ceramah Bermakna Prestasi Belajar. Permasalahan yang sering kali dijumpai dalam pengajaran khususnya pengajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran sehingga diperoleh hasil yang maksimal. Salah satu model pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar secara optimal adalah Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL). PBL berfokus pada konsep dan prinsip inti sebuah disiplin memfasilitasi siswa untuk berinvestigasi pemecahan masalah dan tugas-tugas bermakna lainnya dan menghasilkan produk nyata. Pola tutorial sebaya merupakan model pembelajaran kelompok dalam masing-masing kelompok terdapat seorang anggota yang memiliki kemampuan akademik yang lebih baik dan anggota lainnya memiliki kemampuan yang lebih rendah yang dipilih secara acak. Dalam penelitian ini diterapkan penggabungan antara PBL dengan pola pengelompokkan Tutor sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan model PBL dengan pola pengelompokkan Tutor Sebaya dan yang diajar dengan menggunakan metode Ceramah Bermakna serta untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar kedua kelas. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu tipe pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswas kelas XI SMAN 2 Malang semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA B2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Instrumen penelitian ini yaitu instrumen perlakuan dan pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif untuk menganalisis data kemampuan awal siswa prestasi belajar siswa yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada prestasi belajar siswa kelas kontrol. Untuk nilai proyek diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen (84 34) lebih tinggi dari kelas kontrol (78 22). Untuk nilai formatif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen (87 12) lebih tinggi dari kelas kontrol (82 56). Sehingga disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan pola pengelompokkan Tutor Sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar TIK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46632

Actions (login required)

View Item View Item