Pengembangan bahan ajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas X semester 2 Program Keahlian TEI di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung / Kukuh Farrizal Ansari

Ansari, Kukuh Farrizal (2019) Pengembangan bahan ajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas X semester 2 Program Keahlian TEI di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung / Kukuh Farrizal Ansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farrizal, Kukuh, 2019. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Siswa Kelas X Semester 2 Program Keahlian TEI di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (2) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom. Kata Kunci: Bahan Ajar, Simulasi dan Komunikasi Digital, Modul Cetak Kriteria minimal lulusan SMK adalah kompeten dalam pengetahuan dan ketrampilan, standar kompetensi ini yang akan menjadi modal dasar bagi siswa ketika mereka lulus dari SMK. Untuk menunjang kompetensi tersebut, diperlukan kelengkapan kebutuhan yang cukup kompleks mulai dari kebutuhan sumber ilmu yaitu bahan ajar, guru yang handal, fasilitas yang memadai, dan kebutuhan yang lainnya. Bahan ajar adalah kebutuhan yang sangat mendukung tercapainya kompetensi siswa. Bahan ajar yang peneliti kembangkan berupa modul. Selain untuk siswa modul ini juga dibuat untuk guru sebagai bahan memberikan kompetensi dalam mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Sehingga kompetensi siswa yang diharapkan bisa terwujud dengan baik. Peneliti mengembangkan bahan ajar berupa modul cetak mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X Semester Genap dengan model pembelajaran Project Based Learning yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Urutan dalam mengembangkan bahan ajar dapat diasumsikan sebagai berikut: 1). Melakukan analisis pembelajaran, 2). Mendesain strategi dan kriteria uji produk materi pembelajaran, 3). Mengembangkan bahan ajar. Hasil penelitian yang telah dilakukan kepada ahli dan uji coba siswa. Dari ahli media didapatkan nilai rata ÔÇô rata 93,4%, sedangkan untuk ahli materi didapatkan nilai rata-rata 92,5%. Uji coba skala kecil diambil dari 8 siswa yang diambil secara acak, didapatkan nilai rata-rata 90,4%, kemudian dalam uji coba skala besar atau pemakaian dari yang terdiri dari 36 siswa didapatkan nilai rata-rata 89,2%. Secara keseluruhan bahan ajar ini dikatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kelas X Semester Genap di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46590

Actions (login required)

View Item View Item