Pengembangan media pembelajaran segitiga exposure berbasis desktop untuk pembelajaran desain grafis percetakan bermuatan creative problem solving pada siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 10 Malang / Anantha Yullian Sukmadewa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran segitiga exposure berbasis desktop untuk pembelajaran desain grafis percetakan bermuatan creative problem solving pada siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 10 Malang / Anantha Yullian Sukmadewa

Sukmadewa, Anantha Yullian (2019) Pengembangan media pembelajaran segitiga exposure berbasis desktop untuk pembelajaran desain grafis percetakan bermuatan creative problem solving pada siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 10 Malang / Anantha Yullian Sukmadewa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukmadewa Anantha. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Segitiga Exposure Berbasis Desktop untuk Pembelajaran Desain Grafis Percetakan Bermuatan Creative Problem Solving pada Siswa Kelas XI Multimedia di SMK Negeri 10 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muladi S.T. M.T. (2) Dr. Eng. Muhammad Ashar S.T. M.T. Kata Kunci Media Pembelajaran Segitiga Exposure Desktop. Desain Grafis Percetakan adalah salah satu mata pelajaran baru yang akan diterapkan pada SMK Negeri 10 Malang. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan ditemukan bahwa pembelajaran masih berbasis pada guru. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran masih berupa presentasi PDF dan penjelasan satu arah oleh guru. Keterbatasan alat juga menjadi penghambat siswa karena kurangnya waktu siswa untuk mengeksplorasi konsep segitiga exposure. Pengembangan media pembelajaran dirasa perlu agar dapat menjadi stimulus bagi siswa sebelum memegang kamera DSLR secara langsung. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki langkah-langkah sebagai berikut (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation dan (5) Evaluation. Uji kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli (guru dan dosen) dan siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 10 Malang. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli guru mendapat persentase sebesar 92 14% dan hasil validasi oleh ahli dosen mendapat persentase sebesar 94 28%. Berdasarkan uji coba kelompok kecil mendapatan persentase sebesar 86 91% dan uji coba kelompok besar mendapatkan persentase sebesar 92 05%. Terdapat uji beda yang termasuk dalam tahap Implementation pada ADDIE. Hasil dari uji beda One Way ANOVA terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan media pembelajaran dibandingkan yang tidak menggunakan media pembelajaran. Hasil data yang diperoleh dari serangkaian uji coba yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa keseluruhan produk media pembelajaran sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46589

Actions (login required)

View Item View Item