Pengembangan sistem informasi pendidikan berbasis content management system pada Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Jombang / Bagus Setia Budi

Budi, Bagus Setia (2019) Pengembangan sistem informasi pendidikan berbasis content management system pada Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Jombang / Bagus Setia Budi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KABUPATEN JOMBANG Bagus Setia Budi, Hakkun Elmunsyah, Dila Umnia Soraya Universitas Negeri Malang Email: Bagus300394@gmail.com, hakkun@um.ac.id, dila.umnia.ft@um.ac.id ABSTRAK Sekolah Menengah Kejuruan 10 Nopember Jombang telah memiliki Sistem Informasi Pendidikan berupa website, namun sistem yang dimiliki belum dapat memberikan informasi yang sepenuhnya kepada murid, guru dan masyarakat. Sistem kurang up to date dikarenakan manajemen sistem yang kurang ditinjau dari beberapa elemen dan beberapa menu yang tidak tampil, selain itu desain sistem kurang menarik serta tidak responsif, mengacu pada tujuan sistem informasi pendidikan salah satunya penyampaian informasi, promosi program keahlian yang dimiliki terutama sekolah yang membuka program keahlian teknik informatika (Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, dan Teknik Komputer dan Jaringan) untuk menarik minat calon peserta didik dan calon wali murid maka keberadaan sistem informasi pendidikan menjadi sangat penting di zaman serba online saat ini. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan merancang, mengembangkan, dan menguji kelayakan Sistem Informasi Pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Jombang berbasis Content Management System Wordpress versi 4.9.8. Metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan perangkat lunak Waterfall dengan tahapan communication, planning, modeling, construction, dan deployment. Pengujian dilakukan pada tahap construction menggunakan metode pengujian black box dengan mengacu pada user acceptance testing. Serta uji coba usability untuk mengetahui tingkat kelayakan sistem secara subjektif. Pengujian dilakukan oleh ahli Rekayasa Perangkat Lunak, 3 tenaga didik SMK 10 Nopember Jombang sebagai user admin, editor dan author, serta 20 siswa TKJ sebagai user umum. Hasil penelitian diperoleh pada pengujian secara fungsional menggunakan metode blackbox dengan skor 94.5% oleh ahli Rekayasa Perangkat Lunak, skor 100% diperoleh dari user admin, editor, author serta user umum, berikutnya untuk mengetahui tingkat kelayakan sistem dengan pengujian usability diperoleh skor 91% (sangat layak) dengan tingkat reabilitas 0.86 (sangat tinggi) yang menunjukkan Sistem Informasi Pendidikan berbasis Content Management System pada Sekolah Menengah Kejuran Kabupaten Jombang sudah valid secara fungsionalitas maupun usabilitas sehingga layak untuk digunakan. Kata Kunci: Pengembangan, Sistem Informasi Pendidikan, Manajemen Sistem Informasi, Content Management System.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46585

Actions (login required)

View Item View Item