Pengembangan media pembelajaran berbasis tutorial pada mata pelajaran pengambilan gambar bergerak Program Keahlian Multimedia di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Winih Ayu Pangasih

Pangasih, Winih Ayu (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis tutorial pada mata pelajaran pengambilan gambar bergerak Program Keahlian Multimedia di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Winih Ayu Pangasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pangasih, Winih Ayu. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tutorial Pada Mata Pelajaran Pengambilan Gambar Bergerak Program Keahlian Multimedia di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom. (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata kunci: media pembelajaran, tutorial, pengambilan gambar bergerak Pembelajaran berbasis teknologi saat ini sudah sangat berkembang di dunia pendidikan. Salah satu bentuk pembelajaran berbasis teknologi dalam dunia pendidikan dapat di implementasikan dalam bentuk media pembelajaran, misalnya media pembelajaran berbasis tutorial. Media pembelajaran berbasis tutorial digunakan untuk memudahkan siswa dalam menerima materi dan memudahkan guru dalam penyampaian materi. Di SMK Cendika Bangsa Kepanjen sudah mengikuti perkembangan teknologi dalam pembelajaran dan telah menerapkan kurikulum pendidikan yang baru yaitu Kurikulum 2013 revisi 2017 yang mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tetapi dalam penerapannya, di sekolah belum memiliki media pembelajaran yang sesuai untuk mengintegrasikan HOTS, khususnya pada mata pelajaran pengambilan gambar bergerak yang menuntut siswa untuk berpikir kreatif. Pengembangan media pembelajaran berbasis tutorial bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis tutorial yang mudah dipahami dan tidak membosankan. (2) Mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran berbasis tutorial sebagai bahan ajar pada mata pelajaran pengambilan gambar bergerak. Pengembangan media pembelajaran berbasis tutorial ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Sadiman. Penilitian menggunakan langkah dari model pengembangan tersebut karena disesuaikan dengan karakteristik siswa. Adapun langkah-langkah yang digunakan yaitu (1) identifikasi kebutuhan; (2) perumusan tujuan; (3) perumusan butir-butir materi; (4) perumusan alat pengukur keberhasilan; (5) penulisan naskah media; (6) tes/uji coba; (7) revisi dan (8) produksi. Media pembelajaran berbasis tutorial menyediakan materi pada mata pelajaran pengambilan gambar bergerak kelas XII dengan menggunakan metode Discovery Learning dan Problem Based Learning untuk menguatkan pemahaman terhadap materi dan membantu mereka dalam memecahkan masalah. Media pembelajaran menggabungkan unsur teks, gambar, animasi, dan video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi pada ahli media diperoleh hasil 90,48%, hasil validasi pada ahli materi diperoleh hasil 95,00%, uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 78,67% dan uji coba kelompok besar (uji coba produk) diperoleh hasil 88,82%. Dari hasil perolehan tersebut dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis tutorial yang dibuat layak dan dapat diterapakan sebagai media pembelajaran. (2) media pembelajaran berbasis tutorial yang dibuat dapat digunakan sebagai bahan ajar. Hal ini diketahui melalui kelayakan media yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46581

Actions (login required)

View Item View Item