Investigasi static forensics untuk menganalisis serangan man in the middle berbasis arp poisoning / K. Dwi Prasetya Kamajaya

Kamajaya, K. Dwi Prasetya (2019) Investigasi static forensics untuk menganalisis serangan man in the middle berbasis arp poisoning / K. Dwi Prasetya Kamajaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kamajaya, K. Dwi Prasetya. Investigasi Static Forensics Untuk Menganalisis Serangan Man In The Middle Berbasis ARP Poisoning. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom. (2) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. Kata kunci: Wi-fi, Man In The middle, Static forensics, ARP Poisoning. Kebutuhan akan akses internet saat ini sangat dibutuhkan oleh hampir semua orang khususnya wi-fi (wireless fidelity). Hal ini terbukti dalam riset APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Layanan Internet), pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 81,26 juta dari tahun 2013 sampai dengan 2017. Selain itu persepsi pengguna internet terhadap keamanan internet khusunya menjaga kerahasiaan data sebagai berikut; dalam level penting dengan persentase 61,38%, level biasa sebesar 30,94% dan level tidak penting sebesar7,68%. Seiring meningkatnya pengguna pada wi-fi saat ini berbanding lurus dengan kejahatan yang mengeksploitasi wi-fi dengan melancarkan serangan berbahaya dengan tujuan untuk mendapatkan informasi dengan cara ilegal seperti serangan Man In The Middle berbasis ARP Poisoning. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan membahas cara melakukan investigasi forensics dengan menerapkan metode static forensics. Proses dalam investigasi MITM berbasis ARP Poisoning dilakukan dengan menggunakan metode akuisisi data static forensics. Model investigasi yang digunakan pada penelitian ini Network Forensics Generic Proccess (NFGP). Kemudian melakukan investigasi serangan MITM berbasis ARP Poisoning dengan menganalisis atribut maupun kegiatan-kegiatan yang mencurigakan lainya. Analisis dan investigasi serangan MITM berbasis ARP Poisoning dilakukan dengan meng network traffic dengan menggunakan wireshark. Hasil investigasi forensik dalam penelitian ini, dapat mengetahui informasi tentang pola serangan MITM berbasis ARP Poisoning. Selain itu, penelitian ini dapat mengetahui proses tahapan metode investigasi static forensics dengan model investigasi NFGP untuk mendapatkan barang bukti digital dan informasi pelaku pada serangan MITM berbasis ARP Poisoning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46580

Actions (login required)

View Item View Item