Hubungan self awareness dan pengaruh lingkungan dengan kemandirian perencanaan karir siswa kelas 12 Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKN Kota Malang / Anggita Rachmadina Dzikria Riananda

Riananda, Anggita Rachmadina Dzikria (2019) Hubungan self awareness dan pengaruh lingkungan dengan kemandirian perencanaan karir siswa kelas 12 Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKN Kota Malang / Anggita Rachmadina Dzikria Riananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Riananda, Anggita Rachmadina Dzikria. 2019. Hubungan Self Awareness dan Pengaruh Lingkungan dengan Kemandirian Perencanaan Karir Siswa Kelas 12 Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKN Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro, Program Studi PendidikanTeknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd.,M.T (2) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd Kata Kunci : Self Awareness(kesadaran diri), Pengaruh Lingkungan, Kemandirian Perencanaan Karir. Banyak siswa SMK yang masih bingung dalam merencanaan karir mereka ketika mendekati kelulusan. Kemandirian siswa yang kurang dalam merencanakan karir akan membuat siswa tidak mempunyai tujuan pendidikan yang jelas. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah self awareness dan pengaruh lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemandirian perencanaan karir (Y); (2) mendeskripsikan self awareness (X1); (3) mendeskripsikan pengaruh lingkungan (X2); (4) mengetahui signifikansi hubungan antara X1 dengan Y; (5) mengetahui signifikansi hubungan antara X2 dengan Y; (6) mengetahui signifikansi hubungan secara simultan antara X1 dan X2, dengan Y pada siswa kelas 12 jurusan TKJ di SMKN Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional yang bersifat ex-post facto. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 12 jurusan TKJ di SMKN Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik probality sampling yaitu cluster random sampling. Instrumen penelitian masing-masing variabel menggunakan kuisioner atau angket. Untuk mengungkap hubungan antar variabel menggunakan analisis korelasi ganda. Semua analisis dibantu menggunakan program SPSS. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel X1, X2, dan Y tergolong kategori tinggi. Variabel self awareness mempunyai presentase sebesar 79,4%, pengaruh lingkungan sebesar 72,4% dan kemandirian perencanaan karir sebesar 68,2%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y sebesar 0,347; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y sebesar 0,151; dan (3) terdapat hubungan yang positif dan antara X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0,189. Sumbangan efektif variabel X1 sebesar 10,7% dan sumbangan efektif X2 sebesar 8,12%. Kesimpulan dari penelitian ini (1) hasil analisis deskriptif menunjukkan self awareness berada dikategori tinggi; (2) hasil analisis deskriptif menunjukkan pengaruh lingkungan berada dikategori tinggi; (3) hasil analisis deskriptif menunjukkan kemandirian perencanaan krir berada dikategori tinggi; (4) Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan diantara X1 dan Y; (5) Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan diantara X2 dan Y; dan (6) Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan secara simultan variabel X1 dan X2 dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46578

Actions (login required)

View Item View Item