Pengembangan media pembelajaran interaktif pada matapelajaran sistem komputer kelas X semester gasal di SMK Negeri 2 Malang / Asnah Khoiriyah

Khoiriyah, Asnah (2019) Pengembangan media pembelajaran interaktif pada matapelajaran sistem komputer kelas X semester gasal di SMK Negeri 2 Malang / Asnah Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Khoiriyah, Asnah. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Matapelajaran Sistem Komputer Kelas X Semester Gasal di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) : Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto, M.Kom (II) : Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T. Kata kunci: Media pembelajaran, interaktif, sistem komputer, drill Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Keberhasilan pendidikan bergantung pada pembelajaran yang dilakukan. Berbagai upaya dilakukan untuk mendukung pembelajaran, mulai dari membuat kurikulum, menjaring tenaga pendidik yang berkualitas hingga mengembangkan sumber belajar. Namun dalam prakteknya, pembelajaran yang dilakukan tidak selalu berjalan mulus. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 2 Malang ditemukan beberapa kendala. Pertama, modul yang disediakan pemerintah kurang dapat menggambarkan materi secara lebih konkret dan kurang menarik. Kedua, banyak Siswa yang tidak menyukai materi hitungan dan logika, akibatnya mereka enggan untuk mempelajarinya lagi atau berlatih menyelesaikan soal. Ketiga, pemberlakuan kurikulum 2013 edisi revisi 2017 membuat bertambahnya materi dan perubahan urutan penyajiannya. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengembangakan dan menguji kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis flash pada Matapelajaran Sistem Komputer kelas X semester gasal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sadiman, dengan langkah-langkah: (1) identifikasi kebutuhan; (2) perumusan tujuan; (3) perumusan butir-butir materi; (4) perumusan alat pengukur keberhasilan; (5) penulisan naskah media; (6) tes/uji coba; (7) revisi dan (8) produksi. Media ini dikembangkan menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional CS6 dengan ActionScript 3. Media menyediakan materi Sistem Komputer Kelas X Semester Gasal, silabus, RPP dan soal latihan untuk mengevaluasi pemahaman siswa. Media menggabungkan unsur teks, gambar, animasi, suara dan video. Materi dikembangkan dengan menggunakan metode pembelajaran drill untuk menguatkan pemahaman konsep Siswa terhadap materi dan membantu mereka berlatih. Data validasi diperoleh dari hasil kuesioner uji coba yang dilakukan melalui 3 tahap, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Analisis data validasi media adalah sebagai berikut: 1) uji coba perorangan untuk ahli media sebesar 94,79% dan ahli materi sebesar 93,75%; 2) uji coba kelompok kecil memporoleh prosentase 85,12% dan 3) uji coba kelompok besar 89,14%. Sehingga berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Media Pembelajaran interaktif layak digunakan sebagai sumber belajar penunjang untuk matapelajaran Sistem Komputer di SMKN 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46574

Actions (login required)

View Item View Item