Pengembangan modul instalasi dan manajemen server pada mata kuliah komunikasi data dan jaringan komputer untuk mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Viky Nur Handoko

Handoko, Viky Nur (2019) Pengembangan modul instalasi dan manajemen server pada mata kuliah komunikasi data dan jaringan komputer untuk mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Viky Nur Handoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Handoko, V.N. 2018. Pengembangan Modul Instalasi dan Manajemen Server pada Mata Kuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Jurusan Teknik Elektro, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd. (2) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Modul, Instalasi dan Manajemen Server, Komunikasi Data dan Jaringan Komputer. Mata kuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (KDJK) adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa PTI Universitas Negeri Malang. Saat ini mata kuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer sudah memiliki modul yang berkualitas dan memenuhi standar kebutuhan. Akan tetapi ada suatu materi yang perlu dikuasai mahasiswa dan belum masuk ke dalam mata kuliah KDJK, materi tersebut adalah Instalasi dan Manajemen Server. Berdasarkan permasalahan di atas, maka perlu dikembangkan modul instalasi dan manajemen server yang valid dan sesuai perkembangan teknologi sebagai sumber belajar. Untuk selanjutnya materi instalasi dan manajemen server disarankan masuk ke dalam kurikulum S1 Pendidikan Teknik Informatika mata kuliah KDJK. Metode yang digunakan dalam pengembangan modul instalasi dan manajemen server adalah metode pengembangan Sadiman. Dalam model pengembangan Sadiman langkah yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, perumusan butir materi, perumusan pengukuran keberhasilan, penulisan naskah, ujicoba, revisi produk, siap produksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi, sedangkan subjek uji coba adalah mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2015 yang sudah menempuh mata kuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka didapatkan presentase hasil validasi dari ahli materi sebesar 88% yang tergolong sangat valid, hasil validasi media sebesar 87.50% yang tergolong sangat valid , hasil uji coba kelompok kecil sebesar 86.91% yang tergolong sangat valid, dan hasil uji coba kelompok besar sebesar 87,19% yang tergolong sangat valid. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan modul instalasi dan manajemen server sangat valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46569

Actions (login required)

View Item View Item