Pengembangan modul digital pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar program keahlian TKJ di SMKN 2 Malang / David Zulian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul digital pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar program keahlian TKJ di SMKN 2 Malang / David Zulian

Zulian, David (2019) Pengembangan modul digital pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar program keahlian TKJ di SMKN 2 Malang / David Zulian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Zulian David. 2018. Pengembangan Modul Digital Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Program Keahlian TKJ Di SMKN 2 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. H. Dr. Syaad Patmanthara M. Pd. (II) Dr. Muladi S.T. M.T. Kata Kunci modul EPUB komputer dan jaringan dasar Pada pembelajaran di Kelas X Program Keahlian TKJ SMKN 2 Malang pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar belum ada bahan ajar yang sesuai sebagai acuan belajar siswa. Selama ini guru mencari materi dari berbagai sumber yang disesuaikan dengan silabus yang ada. Siswa Kelas X Program Keahlian TKJ SMKN 2 Malang pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kurang termotivasi dalam pembelajaran sehingga kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran kurang maksimal sehingga membutuhkan bahan ajar mandiri yang dapat digunakan oleh siswa yang memiliki bermacam-macam gaya belajar. Salah satu alternatif adalah dengan pembuatan modul digital dengan format e-pub. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R D menurut Sugiyono langkah-langkahnya adalah (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba pemakaian (9) Revisi produk dan (10) Produksi massal. Tingkat kelayakan modul digital Komputer dan Jaringan Dasar yang diperoleh dari hasil validasi para ahli dan siswa antara lain (1) ahli media menyatakan produk ini layak digunakan dengan perolehan persentase 92%. (2) ahli materi menyatakan produk ini layak digunakan dengan perolehan persentase 91%. (3) responden pada uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan menyatakan produk ini layak digunakan dengan perolehan masing-masing 76% dan 81%. Berdasarkan hasil yang telah dipaparkan di atas menunjukkan bahwa perolehan persentase minimal 76% sehingga modul digital dinyatakan sangat layak digunakan dengan mempertimbangkan komentar kritik dan saran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46568

Actions (login required)

View Item View Item