Hubungan antara literasi TIK dan kemandirian saat praktikum terhadap minat Kerja menjadi teknisi RPL pada peserta didik paket keahlian RPL SMK Negeri di Kota Malang / Bimo Setyo Yuusufa Fil Ardhi Pria Jannatha

Jannatha, Bimo Setyo Yuusufa Fil Ardhi Pria (2019) Hubungan antara literasi TIK dan kemandirian saat praktikum terhadap minat Kerja menjadi teknisi RPL pada peserta didik paket keahlian RPL SMK Negeri di Kota Malang / Bimo Setyo Yuusufa Fil Ardhi Pria Jannatha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Jannatha, Bimo Setyo Yuusufa Fil Ardhi Pria. 2018. Hubungan Antara Literasi TIK dan Kemandirian saat Praktikum Terhadap Minat Kerja Menjadi Teknisi RPL pada Peserta Didik SMK Negeri Paket Keahlian RPL di Kota Malang. Proposal Skripsi, Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) Dila Umni Soraya, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Literasi TIK, Kemandirian Praktikum, Minat Kerja, RPL. Tingkat literasi TIK pada era globalisasi tenaga kerja mengakibatkan tuntutan tenaga kerja untuk mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini akan berpengaruh besar terhadap peserta didik untuk bersaing dalam memasuki industri kerja. Dalam pembelejaran di SMK 70% adalah praktikum sehingga kegiatan praktikum lebih dominan daripada teori. Kemandirian saat praktikum berpengaruh besar pada peningkatan kompetensi yang sebagai bekal memasuki dunia kerja yang sesuai dengan bidang kompetensinya. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui hubungan antara literasi TIK dengan minat kerja teknisi RPL pada peserta didik SMKN paket keahlian RPL di Kota Malang, 2). Mengetahui hubungan antara kemandirian saat praktikum terhadap minat kerja teknisi RPL pada peserta didik SMKN paket keahlian RPL di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat Ex Post Facto. Populasi yang dipilih adalah peserta didik SMK Negeri di Kota Malang dengan paket keahlian RPL. Sampel dipilih dengan metode clustering sampling. Metode pengolahan data yang digunakan adalah uji prasyarat klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata tingkat literasi TIK peserta didik sebesar 54 yang termasuk dalam kategori sedang, 2) Rata-rata tingkat kemandirian peserta didik sebesar 57 yang termasuk dalam kategori sedang, 3) dan rata-rata tingkat minat kerja teknisi RPL peserta didik sebesar 47 yang termasuk dalam kategori sedang, 4) Adanya hubungan yang signifikansi literasi TIK dan kemandirian saat praktikum terhadap minat kerja teknisi RPL paket keahlian RPL SMK Negeri di Kota Malang dengan nilai signifikansi sebesar 0.501 yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46566

Actions (login required)

View Item View Item